Resensi Novel Eclipse, Gerhana – Stephenie Meyer

Eclipse: Gerhana
Oleh: Stephanie H. Meyer

ISBN    :    9789792240528
Rilis    :    2008
Halaman    :    688p
Penerbit:    Gramedia
Bahasa    :    Indonesia
Rp.70.000

Eclipse,Gerhana

Inilah sekuel ketiga dari seri Twilight karya Stephenie Meyer setelah sebelumnya adalah Twilight dan New Moon,Dua Cinta.

Dalam sekuel ini, kisah masih berputar-putar pada Bella Swan, Edward Cullen Masen dan Jacob Black. Selain itu pada buku ke-3 ini Stephenie lebih banyak memberi perhatian pada beberapa rahasia yang akan diketahui pembacanya tentang legenda Werewolf, Imprint (semacam jodoh yang diketahui sejak pandangan pertama bagi para Werewolf ), kisah hidup Jasper dan kisah hidup Rosalie. Sepertinya boleh disebut buku ‘dongeng’ vampir seri ini adalah buku dongeng yang mendongeng.

Meskipun begitu inti cerita sebenarnya adalah bersekutunya antara Vampir dan Werewolf untuk memusnahkan vampir-vampir muda yang jahat,liar dan haus darah yang ‘diciptakan’ oleh Victoria karena dilatar belakangi oleh dendam terhadap Bella atas kematian James, vampir pasangannya. Vampir-vampir muda yang sempat menghebohkan Seattle karena begitu banyak korban berjatuhan akibat ulah mereka. Setelah pasukan vampir ciptaan Victoria ini cukup kuat, mereka berencana menyerang keluarga Cullen untuk menghabisi Bella dan melampiaskan dendamnya. Sayang rencana mereka sudah di ketahui oleh Alice yang memiliki kekuatan bisa membaca masa depan dan pikiran, sehingga perang antar vampirpun tak bisa terelakkan. Demi mengetahui musuh yang dihadapi begitu banyak maka keluarga Cullen akhirnya mempertimbangkan untuk bersekutu dengan Jacob Black dan kawan-kawan untuk mensukseskan misi memusnahkan vampir-vampir baru tersebut.

Kisah dibuka dengan masih marahnya Charlie, ayah Bella terhadap Bella dan Edward kerena Bella pernah ‘menghilang’ 3 hari dan akhirnya pulang kembali ke rumah dengan Edward yang telah meninggalkan Bella sebelumnya selama kurang lebih 6 bulan. Charlie memberlakukan ‘jam malam’ dan mengurung Bella tidak boleh keluar rumah setelah pulang sekolah. Jika Edward datang ke rumah untuk menemui Bella Charlie akan menunggui mereka sampai Edward pulang dengan tatapan penuh selidik khas polisi. Tentu saja Charlie tidak tahu jika setelah pulang lewat pintu utama dan Bella masuk kamar, Edward menyusul kekamar Bella seperti malam-malam biasanya. Dasar. :D

Bella masih merasa bersalah terhadap Jacob. Setelah Jacob ‘menjahit’ lukanya akibat ditinggal Edward, Bella ingin menemui Jacob untuk menyambung kembali hubungan ‘persahabatan’ yang terputus setelah Edward datang. Edward tentu saja sangat tidak setuju dengan keinginan Bella untuk menemui Jacob karena kawatir akan keselamatannya jika bergaul dengan ‘serigala’. Bukan Bella namanya jika tidak nekat, saat Edward berburu di hutan, Bella akhirnya pergi ke La Push untuk menemui Jacob Black. Edward sangat marah begitu tahu Bella bergi ke sana dan kembali dari berburu. Setelah negosiasi dengan Alice akhirnya Alice bersedia ‘menyandera’ Bella saat Edward berburu. Tapi rupanya, Jacob juga tidak tinggal diam mengetahui Bella ‘di sandera’, petualangan kedua dengan Jacob akhirnya terjadi juga.

Selang beberapa waktu, terjadi insiden mengerikan di Seattle. Banyak warga seattle terbunuh secara misterius. Keluarga Cullen mengetahui hal itu terjadi akibat ulah vampir baru yang masih liar dan haus darah. Di lain kesempatan terjadi juga insiden, Victoria melintas di perbatasan wilayah keluarga Cullen dan Werewolf. Sempat terjadi ketegangan antara kelurga Cullen dan beberapa anggota Werewolf sehingga Victoria berhasil meloloskan diri.

Saat Bella di sandera Alice di rumahnya, terjadi insiden di rumah Bella. Beberapa potong pakaiannya serta bantal yang biasa dia gunakan sehari-hari lenyap. Semula Bella menduga Alice yang mengambil karena saat ‘disandera’ Alice sempat mengambil juga piyama untuk Bella tidur di rumahnya. Tapi semua kecurigaan akhirnya bermuara pada munculnya berita yang semakin mencekam Seattle dan munculnya Victoria di perbatasan beberapa waktu lalu.

—————————————-

******Break sebentar.

Saat menulis review ini tiba-tiba Ponsel saya ada sms masuk, mau tau dari siapa?

OMG, dari PRESIDEN RI! :p

Rupanya presiden kita masih melanjutkan hobinya ber sms ria hihihi…

Ini isi sms-nya:

Narkoba menghancurkan masa depan generasi muda. Berhenti menggunakan narkoba skrg juga. Jgn biarkan masa dpn kalian gelap & tanpa harapan. Dari Presiden SBY

Message from: PRESIDEN RI Time : Wed 29 Oct 01:53P

—————————————–

Setelah mengetahui hal tersebut, seluruh keluarga Cullen melakukan rapat intensif membahas hal itu. Pertimbangan-pertimbangan telah di rencanakan namun tetap saja kekurangan tenaga karena pasukan yang ada ternyata tidak memadai untuk membereskan Vampir-vampir muda tersebut. Masalah menjadi buntu.

Edward akhirnya mengijinkan Bella untuk pergi ke La Push setelah mengetahui dia bisa pergi dan pulang dengan selamat dan Jacob ternyata juga bisa dipercaya. Saat dilakukan pesta api unggun dengan para sesepuh dan anggota Werewolf di La Push, Bella akhirnya tahu kisah legenda tentang Werewolf dan mengapa mereka begitu membenci vampir yang dikisahkan oleh Billy Black dan kakek Quil.

Di lain waktu Jasper juga bercerita kenapa dia memiliki kemampuan untuk menaklukkan vampir muda serta kisah bagaimana dia bisa menjadi vampir.

Saat pesta kelulusan yang dirayakan di rumah keluarga Cullen, ternyata Jacob Black datang bersama teman-temannya. Alice tentu saja sangat marah mengetahui mereka masuk ke rumah keluarga Cullen. Tapi Jacob ternyata berininsiatif untuk membantu kelurga Cullen memusnahkan para vampire muda tersebut. Setelah pesta usai mereka akhirnya melakukan pertemuan lanjutan untuk membahas lebih detil masalah teknis yang berhubungan dengan apa saja yang harus dilakukan saat nanti berperang dengan Vampir-vampir muda tersebut. Bagaimana serunya pertempuran antara vampir-vampir muda yang masih liar dan haus darah itu dengan keluarga Cullen dan di Bantu oleh para Werewolf? Ikuti kisah selengkapnya di buku ke-3 seri Twilight ini!.

Bulu Kuduk

“Respons Jacob lebih mudah dibaca waktu aku sampai ke bagian tentang Volturi. Rahangnya terkatup rapat, bulu kuduk di kedua lengannya meremang…” (hal. 122)

“Bisa kurasakan embusan napasnya yang dingin membasahi helai-helai rambutku saat ia mengembuskan napas; bulu kuduk di tengkukku langsung meremang.” (hal.238)

Lagi-lagi soal bulu kuduk. Sempat disinggung di buku sebelumnya tentang bulu kuduk ini tapi rupanya hal itu masih saja muncul di buku ke-3. Ya, bulu kuduk yang tidak konsisten itu ada lagi kadang di tengkuk kadang di lengan, hehhe…

Masalah bulu kuduk yang tidak konsisten memang agak mengganggu tapi yang lebih mengganggu adalah si tokoh utama Bella Swan yang sepertinya juga ikut-ikutan tidak konsisten. Seperti biasanya Bella yang justru memperumit keadaan karena sikapnya terhadap Jacob yang membuat Jacob seperti di beri harapan. Jacob sangat sadar Bella juga menyukainya sehingga dia juga tidak pernah lelah untuk berusaha. Selama janur kuning belum melengkung masih milik umum kan? Eh, tapi disana kalo nikah gak pake janur kali ya…:p

Bella dikisahkan juga mencintai Jacob dan ingin juga Jacob berada di sisinya seperti saat Edward tidak bersamanya, meskipun cintanya yang paling besar adalah terhadap Edward. Bella juga masih merengek untuk di jadikan Vampir oleh Edward meskipun Edward sendiri,Jacob dan Rosalie sangat menganjurkan Bella untuk berpikir masak-masak sebelum memilih hidup menjadi Vampir.

Stephenie sepertinya sangat mengerti karakter remaja berumur 18 tahun yang memang cenderung plin-plan dan menjengkelkan. Sehingga Bella dalam menentukan sikap, memahami isi hatinya sendiripun juga kadang terlihat masih kesulitan. Oleh sebab itu Stephenie tidak mengakhiri ‘kemanusiaan’ Bella di buku ini karena pada kenyataannya Bella masih penuh kebimbangan khas anak muda.

Membaca buku Twilight seri ke-3 dengan tebal 684 halaman ini, masih terasa mengasyikkan. Kisah yang dibangun masih nyambung dan benang merahnya tidak terputus. Porsi penceritaan tokoh-tokohnya juga semakin banyak dan gamblang, diceritakan satu persatu. Kisah yang disajikan juga semakin seru. Pertarungannnya dikisahkan dengan mendetail sehingga membangun ketengangan yang berasalan. Tidak seperti di New Moon yang hampir tidak ada pertarungan yang dideskripsikan secara detail oleh Stephenie.

Proses penceritaan memang agak terasa ‘dipanjangkan’ dengan hadirnya dongeng-dongeng yang di dongengkan oleh tokoh-tokohnya sehingga buku ini menjadi sedemikian tebal. Tapi untungnya penceritaan yang di tulis cukup menarik dan menjadi mata rantai kisah seri Twilight ini.

Akankah kisah Breaking Dawn masih memiliki sisi menarik untuk dibaca? Kita tunggu saja ya yang versi Indonesia terbitan GPU. Yuk mareee….

About these ads

151 thoughts on “Resensi Novel Eclipse, Gerhana – Stephenie Meyer

  1. Silvia berkata:

    Hmm.. Smoga aj, akhirnya Bella dan Edward bs bner2 hidup bahagia tanpa gangguan.. Amin..
    Btw, blog mu bagus ya.. Aku seneng baca blog mu..
    Oya, jgn lupa membalas comment ku, ya.. Thx

  2. Silvia berkata:

    Hahahahaha… Ia nih.. Uda kena gigitannya.. Ngomong2, koq novel yg New Moon biasa aj yah? Malahan kyknya bagusan Eclips.. Tp, dgr2 pd bilang eclips ngebosenin.. Hahahaha.. Makasih ya, ud bls comment ku..

  3. hai..hai….wuih blog kamu bagus….aku jg gi nunggu breaking down. and the movie nya twilight…hehehe..jadi falling in love ma edward ni hihih…secara jg dia pernah maen di harry potter yg jg favourit ku….
    keep in touch :o)

  4. eviwidi berkata:

    Hai Novi…

    Salam kenal, makasih ya udah mampir di sini, btw belum nonton Twilight The Movie? awas loh ntar digigit sama Edward..hihihi…

  5. gw sempet kecewa karna adanya jacob black … seharusnya doi ga salah mengartikan kasih sayang bela ya klo menurut gw uda kayak adiknya sendiri ..

    and gw ga tega cowok sedahsyat edward cullen sia2in sama si bella …. hohohoh ga adil bgt … and kayaknya lebih baik doi sama gw ajh (“,) …

    btw di tgg breaking down nya mudah2an ga mengecewakan >.< …. HoPeLy

  6. scout berkata:

    hmm,, menurut gw lebih mending kalo bella swan nya tiba2 hilang kemana gitu,, diculik oleh penjahat yang jago, yang bisa ngantisipasi kemampuan alice,, trus edward kalang kabut nyariin bella, kan jadi seri tuh, penderitaan bella di new moon jadi terbalaskan.. =D

  7. aishy leyfame berkata:

    huah…
    di eclipse aku bnciiii bgt ma bella..
    yah, secara edward itu kk ku (hoho)
    aku bnciiii bgt pas dy minta jacob wat nyium dia…
    aku nangis disitu…
    aku mikirin perasaan edward,
    eh, tpi pas sesudahnya,
    edward mlah sngaaaaaaaaaaaaaaat baek ma bella…
    krang apa coba si edward???
    yah, emang sih bella jga digambarkan udh sngat2 mikirin prasaan edward, tpi krna ini pnilaianku secara subjektif,
    jdi sabar aja ya…
    hehe…

    oiya, stu lgi…
    aku sbel bngeeeeeeeeeeeeeeeeeeeet ma jacob black!!!

    hehe..

    wat eviwidi, lam knal ya…

  8. lory-nae berkata:

    menurutku sih robert sangat tidak pantas menjadi edward mengingat wajahnya yang aneh saat menyelesaikan twilight!!!siapa yang setuju ma aku?

  9. lory-nae berkata:

    maaf berhubung aku tinngalnya jauh dari kawasan gramedia,siapa yang bisa bantuin aku beli seri 2,3&4 dari twilight!!!???please i need some help!! ini alamat e-mail aku chester_on_theway@yahoo.com!!aku tunggu si penolongnya!!trust me bakal aku bayar kok bukunya & harga sibuk2nya jg!!makasih GANBATE!!!!!!!

  10. eviwidi berkata:

    Hi Lory, salam kenal..,makasih ya udha mampir.., btw kalo kamu butuh buku seri Twilight 2-3 yang bisa dianter, kamu belanja aja lewat Bookoopedia.com buku pesenan kamu akan dianter tanpa cacat, gratis ongkos kirim lagi..hehhe..*promosi*

    Yang buku ke-4 belum terbt, kabarnya sih akhir Januari 2009.

  11. Hai,,
    Ini pertama kalinya aku mampir d blog kmu loh..Seneng bgt D tw blog ini ngebahas ttg Twilight..
    Aku tau Twiligh wkt aku lg pilih2 dvd film horor. Kt si embak empunya toko, ktny ni film bgs..Pas ak lht t’nyata film vampire gtu.. Tmbh sng bgt aku. Pas sampai rmh, lgsg ku play tu film..Sumpah, bgs bgt..Apa ada ya cwok yg baik sprt Edward??
    Oh y ak pnsrn bgt ma novelnya. Aku tau novelnya saat aku buka Google..Aku ketik ttg Twilight, ternyata semua blog pd ngebhs ni film..Takjub jadinya…Pada demam Edward Cullen semua..
    Tapi aku sedih bgt, ada salah satu netter menjelek2n ni film..Malah si Edward d katain homolah,,hiks…

    O ya, mw tanya nich..Novel yg udh keluar udh brp versi??
    Kalau mw pesan online gmna crnya??
    Maaf ya bnyk tanya. Secara aku ini gi penasarn ma ni novel..Hehehe

    Tolong d bls ya..
    Thanks…

  12. eviwidi berkata:

    Hallo Agnes, salam kenal…makasih ya dah mampir disini.

    Kalo versi novel yang bahasa Indonesia, udah ada 3, yaitu: TWILIGHT, NEW MOON dan ECLIPSE semua diterbitkan GPU.

    Yang seri 4 dengan judul BREAKING DAWN akan terbit rencananya tanggal 31 Januari 2009.

    Untuk pemesanan secara online, kamu bisa pesan melalui http://www.bookoopedia.com ada semua untuk seri 1-3, gratis ongkos kirim loh untuk seluruh wilayah Indonesia, asyik kan?

    Ditunggu ordernya ya..

  13. Menurut gw rob cocok kok jd edward, krn dia ganteng. Sesuailah. Tapi emang kalo baca bukunya, edward digambarkan amat sangat ganteng ya?! Tapi cukup sesuai kayanya. Dari mulai hp4 aja, rob selalu kedapetan peran cowok ganteng. Cedric juga kan digambarkan sbg org yg amat ganteng. =D

  14. sakti berkata:

    gile emang si edward cullen itu dingin, misterius tapi gantengnya amit2..gw kehabisan kata2 deh, ampe kemimpi2 berhari2 hehehe…

  15. Dita berkata:

    wow keren nih blognya…, aku baru aja selesai baca New Moon n membayangkan gmn jadinya film ini kelak…

    Karena disini kan Jacob digambarkan sebagai pria tinggi, tegap, bermuka tegas, berbadan besar, bahkan sempet dibilang tingginya melewati Edward…, sedangkan Taylor pemeran Jacob kan mukanya imut…, gak kalah kok gantengnya ma Rob Pattinson (tapi yg gak didandanin jd Jacob lho ya…, beneran deh…)

    Sebenernya klo diatas ada yg bilang benci bgt ma Jacob, aku gak segitunya lho…, menurutku Jacob udah sabar bgt mengunggu Bella…, n Bella juga cinta sama Jacob cuma rasa cintanya ke Jacob gak sebesar ke Edward…

    Akhirnya Jacob juga nemuin cinta sejatinya, yaitu Reneesme anak Bella-Edward… (nah lho..???) aku baca ini dari wikipedia lho… ada sinopsis dr keempat buku itu… n hal ini muncul di Breaking Dawn

    oiya mu nanya, klo pesen buku online tuh jatohnya harga jadi lebih murah dr gramedia ato gak sih? aku pengen beli yg Eclipse, tapi masih mikir2 gara2 harganya… kan lumayan 70rb… blm beli yg Breaking Dawn…, yg entah harganya akan brp di gramedia…

  16. eviwidi berkata:

    Dear Dita, makasih ya udah main ke sini..

    btw soal beli buku dari toko buku online, harganya sama saja, hanya saja kamu kan gak perlu jauh-jauh keToko buku, cukup pesen dari rumah (kalo rumahmu ada internet) buku udah dianter..

    Kalo Breaking Dawn baru akan rilis 31 Januari, harganya kemungkinan 50 rebu.

  17. Dita berkata:

    wah2 serius tuh breaking dawn 50rb…, di bookoopedia???
    soalnya aku liat2 di toko buku online lainnya harganya 75,000.00, tapi diskon jd 63,750.00 (Anda hemat 11,250.00) tapi belom ongkos kirimnya tuh…
    klo ke daerah rumahku di bogor ongkos kirimnya 6500 ada juga yg ongkos kirimnya 7500…

    klo bookoopedia msh pk ongkos kirim lg gak sih?

  18. eviwidi berkata:

    Dear Dita,

    Saya belum tahu harga pastinya, karena dari pihak Gramedia belum memberi detil data buku Breaking Dawn, informasi yang saya berikan itu tentatif, jadi tunggu sampai terbit dulu baru dapat kepastiannya.

  19. Dita berkata:

    ooo… gitu…, tapi kok toko buku online pada berani memasang tarif 75000 ya…, nanti klo ternyata harganya lebih murah, kan gag mungkin uangnya akan dikembalikan…
    klo aku rasa mereka cuma nebak2 aja kali ya ttg harga Breaking Dawn… (naik 5000 dr harga buku sebelumnya…)
    dr Twilight – New Moon – Eclipse kan harganya naik 5000 – 5000

    tadi nekat2an nih aku beli eclipse di gramedia…, sekalian jalan sama temen…, hahaha… jajannya buku…, gag bisa beli makanan deh…

    untuk breaking dawn mudah2an tertarik untuk beli online…, pengen nyoba juga sekali2… ^_^

  20. putri berkata:

    hai eviwidi…
    ak seneng banget da blog km ini yang bahas novel yang bisa bikin yang baca dag dig dug.. sangking g ngerti jalan ke depannya…
    heheheh….
    lam kenal ya,,, sukses buat kamu

    notes utk agness,,, jangan khawatir ya,,, ak yakin ko kalo edward itu g homo…soalnya dlam mimpi ak ngerasa banget dicium sama robert,, sumpah rasanya ky beneran,, eh ternyata pas sadar lagi nyiumin guling.. gyag gyag gyag..
    (gini nich kao sangking fans beratnya)….

    ak baru selesai baca yang new moon.. hehe,, ak ketinggalan ya,,,

    new moon kapan ya keluar film.a km tau g evi ?
    ak udah g sabar bgt…
    katanya tahun ini tapi ko ak dapet jadwal film hollywod yang akan tayang di Indonesia tapi g ada film new moon…
    hix hix hix,,

    harus berapa lama lagi ak nunggu film itu keluar ?

    untuk tmn” yang ada diblog ini.. salam kenal ya…
    kalo ada yang mau dikirimin list film tahun 2009 bisa email ak ajah ya..

    ke = baby_ocx@yahoo.com

    see u,,,

    utk eviwidi,, thx alot yach… :)

  21. putri berkata:

    kayaknya hampir setiap hari aku mampir dech..
    ups.. kalo udah gitu bukannya mampir ya,, tapi kunjungan tetap.,, hehe….
    web nya madam meyer itu apa ya ?
    ak g pernah buka..
    emh,,, think smart ajah dech… aku cari di google..
    hehe..

    oiya,, ak bermaksud untuk invite km di fs aku..
    alamatnya apa ya ?
    kalo g km ajah ya yang bukan fs aku di —-> baby_ocx@yahoo.com

    thx

  22. shandy berkata:

    aku udah baca bukunya…
    aku sebel bgt sama bella disini, kalo aku jadi edward pasti bakal sakit hati banget deh…
    tp bagus sih bukunya…
    hhe….
    breaking dawn petan kek keluarnya…

  23. eviwidi berkata:

    Halo Nymph,

    Yang di Bookoopedia,ada yang Versi Indo ada yang Versi original, tapi yang versi original nanti agak lama ngirimnya kalo kamu pesen, soalnya diimpor langsung dari Amazon.com (USA).

    Harganya ada di webstore semua, kamu mampir dan search ajah di Bookoopedia, okay?

    Thanks ya..

  24. novalia berkata:

    huuh…
    di eclipse niy gw bete banget ma bella..
    bete banget deh..

    kasian banget edward..
    huhuhuh
    di mana ya bisa dapat cowok sesabar tuw..

  25. Ita berkata:

    kenapa seh di eclipse bela harus sebegitunya menghianati si edward, untung aja edward sabar banget jrng banget kan cowo ky gitu, gara2 sikapnya itu gw jadi sebeellll banget sama jacob dan tambah penasaran sama breaking down neh….

  26. hanifah berkata:

    hai..hai! lam kenal yup eviwidi!
    ni pertama kalinya aku buka blog kamu.. bagus bgt
    baru ja aku selesai baca novel newmoon and ..
    ga tau juga gimana tuh filmnya nanti,
    but.. gak sabar juga pengen nonton filmnya
    katanya film newmoon bakal di liris agustus bener gak sih???

    tapi rada ga seru juga yg newmoon coz.. gak ada bertarungnya..

    tlong d bla ya..
    thanks..

  27. ampunnnnn.. kagak nahan liat edward di filmya (twilight). si robert “vampir” BGD tu mukanya ! hehehehe
    ummm… ngomong2 tentang bukunya yang ke3, aq suka BGD !

    ceritanya bener2 bikin pembaca kebawa suasana n otomatis tambah bikin jeleZ berat sama bella (hehehe).
    aQ sih bacanya yang versi inggris, jadi sekitar 426 halaman aja. dan bener2 gombalnya edward lebih dahsyat disitu,^_^
    lebih seru neh kayaknya yang breaking down. yang midnight sun juga rasanya bakalan lebih asyik ! soalnya jalan cerita dikisahkan dari sudut pandang edward.

    salam kenal buat semuanya..

  28. AiRmhA berkata:

    Hai sMuA nA..

    Yg blum tau hrga breaking down..

    Guw uDh dPet..

    HrGana 95rebu..

    Eh, mw nanya.. Bneran order buku online gratis ongkos byr?

  29. lia berkata:

    halo..
    lam kenal..
    isi blogmu bagus, aku sampe 2 kali mengulang baca resensi “eclipse”-mu..
    thanks yah..
    aku agak “telat” mengenal “twilight” series-nya, tp tdk mengurangi kekagumanku pada novel tersebut.
    aku rencana mau beli yang “eclipse” sebab aku baru aja kelar baca 2 seri sebelumnya..
    thanks ya, infonya…

  30. ummiu berkata:

    Blognya keren…. Resensinya juga! nemuin orang-orang dengan kecintaan yang sama ( khususnya Edward Cullen!) gw mau nanya, kalo mesen buku lewat on-line tuh bener-bener gratis biaya kirim yah? truz nanti bayarnya lewat rekening ato lewat mana? kasih info lengkap dong… thank’s sebelumnya…

  31. sabrina farah berkata:

    btw, ..
    koq g dicritain ttg kisah hidup’a Rosalie,,
    sama ttg legenda yg dicritakan oleh Jacob..???

    kynya, qu lbh pengen Bella pcrn m Edward,,deh,,,!!!!
    drpd m Jacob,,

  32. mm ,,
    mnrud ako novel eclipse lebih menarik drpada new moon ,,

    walopun ,,
    ada scene yang nyeritain bella kissing ama si jacobb ,,

    nah lho !!!
    ancur banged hati akuu ,,
    sama kyaq si edward !!hahaha
    bella gag mikirin perasaan si edward banget !!

    eh . ngiming-ngiming .
    Robert udah pas banged jadi edward ..
    ganteng gila !!

    tenkyu !!

  33. diniezt berkata:

    breaking dawn-nya seru but twilight msh lebih seru of course,….. tapi twilight series ni memang bikin penasaran two tumbhs up bwt mbak steph yang dah ngenalin dunia vampir-nya.

  34. adiet Cullen berkata:

    buku 1-4 udh dibaca, tinggal tunggu yg terakhir neh. soalnya in dilihat dari sudut pandang edwarnya sendiri……

    kira“ d Indonesia kapan ya….

    klw udh edar kabar“in ya……

  35. Lya Azalia berkata:

    Duhh… Edward Cullen I LOVE U. Sayangnya kenapa ce cakep-cakep qo jadi vampir??? Padahal kalo U manusia kan Keren Buangetz… Tapi buat Stephanie Meyer novelnya bagus banget dweh….

  36. Dian berkata:

    bbrapa hari yang lalu q udach nyelesain new moon necc,paztinya maqin penasaran lado dunk..tapi lagi” blm baca yang k’3..

  37. chiQa berkata:

    akhirnya new moon nya beres juga bacanya….gile ya…novel ini bener2 punya dayatarik luar biasa. believe it or not, gw sampe kbangun jam 3 subuh gara2 pnasaran pngen baca lagi ni buku…alhasil new moon beres juga in 2 days…menakjubkan bwt gue, krna wktu nyelesaiin Davinci Code gw butuh wktu 1bulan…gw bukan tipikal yg doyan baca :-D
    thanx to stephenie….
    skrg gw lagi baca Eclipse, ini juga muantabbbb…kereeeennn
    btw, i’m still confuse…”Imprint” apaan sih?
    ada yg tau? :-D

    • yulia berkata:

      Baca Breaking Dawn yang buku dua melalui sudut pandang Jacob Black, kamu bakal tau gimana rasanya terimprint, hehe..

  38. Oh-Em-Ji
    Gua rasa, gua orang-yang-paling-telat dalam mencintai Twilight series.

    Ampun!! Nyesel rasa nya waktu ngejek temen pas dia bawa-sambil-baca Twilight di kantin sekolah. Gua yg notabene nya ga tau ceritanya -well, cuma tau novel itu bercerita ttg cewek yg waktu itu gua pikir bego mau pacaran sama vampir- ngebandingin tu novel sama Harp0t series.

    And finally frenz! Gua yg kecanduan kayak orang sakau. Awal nya gua iseng beli Twilight nya, eeh pas gua baca ternyata memabukkan! Selesai baca Twilight yg super-keren itu, gua langsung beli New Moon. Rada kecewa sih awalnya, hampir dari setengah New Moon menurut gua sangaat monoton.

    Dan itu berlangsung ga lebih dari 4 hari, padahal gua pingin bgt beli yg Eclipse. Sementara uang gua abiz buat beli Twilight n New Moon dlm jangka 4 hari. Menyedihkan

    Jadi, jalan ‘termurah’ nya browsing di mbah gugel. Dan gua kecewa, ga dapet sinopsis nya dari wikipedia.

    But tengkyuuuuuuuuu so much buat mba’ Evi yg sudah sangat baik sekali -bagus pula- dalam menulis resensi ttg Eclipse ini. So, penasaran gua rada berkurang dikit.

    Well, pelajaran buat gua, ga boleh men-judge sesuatu APABILA belum benar-benar menilik isi nya.
    Hahaha

    thx alot mba’ Evi. Mwuaah, hihi

  39. yulia berkata:

    Di Eclipse, paling suka bab Fire & Ice.. ternyata edward dan jacon bisa berdamai..

    Kalo aku jadi Bella, dua cowok itu bakal kutendang sama – sama..
    Satu tendangan di bokongnya jacob ( masih ada Carlisle kalau ternyata kakiku patah setelah mendang bokong jacob yang sama kerasnya dengan rahangya) dan bilang ,” plis dehh,,gue ceweknya si vampir..kita temenan ya, jake!!”
    Dan satu tendangan yang sama kuatnya di bokong Edward (kalau kaki satunya yang belum patah masih kuat nendang, trus kalo tega juga) dan bilang ,” plis dehh..egois dikit napa? rebut gue dari jacob kek!!”

    Hehehehe…

  40. yayan berkata:

    Penasaran ma akHir Cinta Yang rmit ini, , , , ,
    noveL’a jarang di temukan di kota Q,
    hehehe,

    Lam kNal Wat EviWidi ia,
    dri_ yayan ajah_

  41. putria berkata:

    uuuuggghhhh…..
    aq udh baca si novel eclips n braking dawnnya
    tp cuma sekilas… T.T hu…hu…
    scara aq bacanya d Gramed (Numpang baca)

    abis gak tau knapa rasanya aq ‘HARUS’ punya ni novel2!!!!
    aq bru punya twilight ma new moon doank….

    ada yg mw ngasih g???? coz q kekrgan biaya niii…

  42. Ulandt berkata:

    wwweeeeeeeitzzzzzzzzz….
    maap.. maap..
    misi.. misi.. emba.. maz..
    sorry nyh yaaaa….
    gw fans beratnya taylor neeeeehhhhhh (alias jacob)**
    hhhahahahahahaha…
    sexy gitu lochhhh.. :p
    gw lum baca eclipse n’ breaking down.. besok dah gw beli skaligus, seneng dehhhh tau di eclipse kalo jacob m bella kissing, hhohohoho
    biz gemes bgt gw liat d new moon ga jadi” mw kissing doank ajah.. hhhahahaha
    tapi gw sebel sebel bnget sma c bella, tega ye dy ngasih harepan ksong k jacob.. kya manfaatin gtu klo edward g ada.,
    sebel gw knapa bisa sama kaya gw!!! hhahahahaha:d

    anyway, maksih y mba’evi.. atas resensinya.. emmmuachh *

    criiiinggg…criiingg.. **ilang**

  43. Bagus sekali artikelnya berbakat jadi penulis berkata:

    duh trims ya dah cape2 ringkasin cerita buat penggemar bella and edward
    trus terang cara lo menggambarkan lucu juga , n gw akan bl buku nya deh biar puas sendiri skalian koleksi

  44. cia berkata:

    keren banget film twilight n new moon nya :)
    jadi pengen cepet cepet nikmatin film yang eclipse n breaking dawn …
    malahan kadang – kadang gue sempet kebawa mimpi
    seandainya dunia gue seperti film twilight
    menyenangkan banget x yahhhhh :P
    hihihihihihih
    lebih baik dicintai daripada mencintai ………
    bener kan ??
    yukkk mareee

  45. peper berkata:

    looooooooooohhhhhhh bukannya di eclipss bella nikah ma edward trus pnya anak cw trus si jacob jatuh cinta m anaknya c bella??kta tmen aku gt..ko beda ya??

  46. Asti berkata:

    penasaran baca novel eclipse and ga sabar nonton filmx, soalnya di tb.ramedia novelx sering cpt hbis, anehnya Q dah baca breaking dawn dluan. . .

  47. Nanda Volturi berkata:

    ECLIPSE KEREEEENNN BANGEEET!!!!!
    Gx sayang gw beli novelnya.
    Film nya bakalan sebagus novel nya gx ya??????
    Semoga ja dech!!!

  48. alfia berkata:

    jah,,,,,gara2 bc crt dr web ni jd pgn bli bk ny,,,,,,apalg g bs nunggu film ny,scr msh lm,,,,pdhl dah g sbr liad c ganteng edward, c manis bella, n c ga2h jacob,,,,,,,,

  49. cahyani berkata:

    wee…
    lma x klanjutan new moon..
    pgrn b.g.t. nonton..
    cerita eclipse seru…
    untung g ketinggalan beli novel.a..
    i like..

  50. dhea berkata:

    m_q iviwidi….

    thank’s bgt yagh dah bkin blog kek gni….

    m_q iviwidi tuh TOP BGT lagh pkok na….
    kreeeeeeeeennnz bgt dh jd org…

    m_q kl film na twilight saga eclipse kpn tuh d rlis d indonesia????

    aq heran knpa d indo lmbt bgt film yg enak” kek gni….

  51. luu berkata:

    aduuuuuuu !!!!!!!!!!!!!!!!

    gregetan bget ny ,,,
    pgen nnton ecLipse nd breaking dawn ….

    gmana jadi.a iia ?
    edward nd bella punya anak ?????

    pasti seru gLaaaa………

  52. bisa minta alamat bwt upload novel eclipse versi indonesia dong. v yag pdf yh.. law berbaik hati bolehlah dikirimkan langsung ke email sy. thanx B4. kekkkekkk..

  53. nita berkata:

    great,..kren blog kamu

    heheheh..jd gk sbr bgd nonton eclipse,..ia klo bella di culik sm penjahat yg ganteng n jago gmn iaa???pasti kocak bgd si edward kalang kabut tuch criin si bella,hahhaha

    emmm….breaking down kpn iaa??

    tlg bls ia..tq

  54. wich….
    asik buanget n seru buanget film twillight ini…
    tapi kapan ya,film selanjut nya akan di putar di bioskop??
    cz dah nggak sabar liat nasib ny bella,apa ntar dia jadi vampir jga y??

  55. yessy verasari berkata:

    Wehhh aku dikantor pertama untuk penyemangat kerja..pasti buka situs robert dulu…wawa serasa ABG lagi….

  56. yessy verasari berkata:

    uda 3 kali gw liat filmnya dalam seminggu ini, eh ada CD khusus ngulas Robert Juga lhooo uda pada liat? Lam kenal vera, Promotion PT.Monex

  57. Icha berkata:

    gag ada matinya buat Twilight the series ini….
    romantisnya ada,,tegangya jg iya..gilaaaa ampe kebawa mimpi ni crta !!!

  58. Film Eclipse release tgl 30 juni ntar di USA. Di Indonesia [mudah-mudahan..amiinn..] release 1 hari stlh jdwl Hollywood, kyk Film New Moon.. Penasaran bgd kelanjutan’y, gara2 ending New Moon yg “Marry me, Bella….” hehehe.. Slm kenal Mbak Evi :) really love ur blog

  59. melda berkata:

    makin-makin ajaa nih…
    makin penasarannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn,,,

    yg filmya, jgn kelamaan di Pekanbaru…

    BETE !!!

    luv u edward…

    oia,
    jacob, lain kali jgn cium bella…
    bella milik edward….

    plisss de,
    bete akk liad ko gt,,,

    hahahah, jadi marah2 sendiri…

  60. ajeng berkata:

    wadu jacob cakep banget’e……………
    pie q gug suka m bela kug gug mlih jacob cie????????????????
    pie q jg mw kug m jacob
    I LOVE HIM

  61. iis berkata:

    menurut aq..edward ma jacob lebih keren jacob deh…
    bodynya keren tpi mukanya immmut…
    jacob i love u full…
    pengen deh jdi anknya bella. so , bisa idup bahagia ma jacob selamanya….

  62. nesmee queen berkata:

    hai eviwidi…
    ak seneng banget bsa da di
    blog km ini yang bahas
    novel yang bisa bikin
    yang baca seneng
    sangking g ngerti jalan
    ke depannya …
    heheheh….
    lam kenal ya,,, sukses
    buat kamu
    ak sudah selesai baca and nonton film
    Twilight,new m00n,eclipse,breaking down. Tp aq lbh seneng nonton film nya.. hehe,,
    kapan ya
    keluar seri film and novel nya midnight sun. km tau g
    evi ?
    ak udah g sabar bgt …
    katanya awal tahun dpn?

    harus berapa lama lagi
    ak nunggu film and novel nya
    keluar ?
    untuk tmn” yang ada
    diblog ini.. salam kenal
    Ya

  63. aku udah baca eclipse (langsung loncat ga baca novel yg pertama dan kedua, tapi udah pernah baca resensi isi novel2nya dan sinopsis film2nya).hmmm….menarik novelnya, kategori novel romantis banget ya…sayang bagian action nya kurang greget-kalo menurutku. soalnya victoria yg awalnya seperti digambarkan begitu “berbahaya, menakutkan dan mencekam auranya”, koq ya cepet dan gampang banget dikalahin edward. prosi action nya masih kurang tuuuuhhh….!! jadi berasa antiklimaks bagian pertarungannya (sebagai perbandingan penggambaran action di novel Deception Point karangan Dan Brown itu kategori t-o-p kalo menurutku). Tapi ya bisa dimaklumi, karena genrenya Twilight Saga ini ya emang novel romantis, jadi sepertinya cukuplah segitu hehehe.
    Kalo nonton filmnya, wah beda sama novelnya. banyak bagian “kecil” yg bagi aku berkesan, jadi hilang. terus dialog2nya juga jadi berubah cukup banyak. kasusnya mirip Harry Potter kali ya. Kalo bagian bertarungnya terbantu secara visual dgn menonton film.
    pernah baca komentar salah seorang pembaca, katanya versi terjemahan sama versi asli bhs inggrisnya beda. jadi kaya ada bbrp bagian yg salah intepretasi, ato diterjemahkan berbeda jadinya dlm bhs indonesia. kalo aku, krn belum pernah baca yg asli, baca bersi terjemahan ya cukup oke kayanya (ga bisa mbandingin soale, :D).

    Jadi pengen beli novel Breaking Down…filmnya dirilis kapan ya di Indonesia?

  64. Gheysca berkata:

    hi eviwidi ..
    yang story tentang breaking dawn or selain eclipse ada gk ?
    hehehhehe
    seneng cz bc bc blog kmu :)

  65. Nurul Fnstherealmadrid berkata:

    selama hidup bru kli ini saya nonton film ter keren d dunia.. tapi cuman baru 2 episod doan (twilight ama new moon ya ) nih juga mau nnunggu lnjutannya … tpi mnding baca dulu di sini .. pesaran aku ,, :D

    • Nurul Fnstherealmadrid berkata:

      aku cuman bru liat tu 2 episod d TV d RCTI .. dlu aku setia d trans tv sih .. tpi smnjk lagi gk sabar2 nya nuggu lnjutan dri new moon jadi sering2 ngliat RCTI deh .. bhkn stiap mlam aku ngliat d internet acara RCTI setiap malam nya apa :D // sabar y yg punya trans :D

  66. aku ada tugas meresensi novel ini,, ada yg bisa bantu gk??
    hmmm,,
    aku suka dngan charakter jacob black,, dia mncoba untuk mndapat simpati lebih dari bella dngan ber-ackting mnjadi cwox yg mudah trsakiti dngan prkataan bella,, dia mncoba mnyaingi edward dngan mmperlihat kan klebihannya sbagai warm wolf,, yg mnghangat kan tubuh bella dlam badai salju yg dpat mmbekukan darah yg mngalir dlam tubuh…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s