Greg and Rowley : Zoo-Wee-Mama!

Diary Si Bocah Tengil 1

Oleh: Jeff Kinney

ISBN               :           9789791411202

Buku_Diary-si-Bocah-Tengil

Buku_Diary-si-Bocah-Tengil

Rilis                 :           2009

Halaman         :           216p

Penerbit           :           Atria

Bahasa            :           Indonesia

Harga              :           Rp.34.900

“Kurasa kami membuat Lorong Jeritan menjadi terlalu  menakutkan karena di tengah-tengah permainan, Shane meringkuk seperti bola di kolong tempat tidur. Kami berusaha membuatnya merangkak ke luar dari sana, tetapi dia tidak mau berkutik.” (hal. 57)

Barangkali sewaktu kecil, Anda pernah melakukan “tindak kriminil” misalnya menakut-nakuti anak yang lebih kecil dengan berlagak sebagai hantu-hantuan, atau mengagetkannya hingga menangis?

Heyy.. sepertinya Anda tidak sendirian, karena kelakuan-kelakuan seperti itu juga dilakukan oleh anak-anak lain di belahan bumi manapun, jadi jangan berpikir ketika kecil Anda yang paling bandel atau tengil, karena Anda bisa membaca cerita-cerita tengil dari Diary –lebih tepatnya Jurnal- si Bocah Tengil bernama Greg Heffley. Berhubung ceritanya yang nulis adalah anak kecil, maka settingan bukunya dibuat seperti catatan seorang anak kecil. Font yang digunakan adalah font mirip tulisan anak kecil yang kadang miring kadang tegak, halamannya bergaris-garis seperti buku tulis dan dilengkapi dengan ilustrasi yang lucu untuk tokoh-tokohnya.

Tersebutlah, seorang bocah laki-laki yang baru masuk sekolah menengah pertama bernama Greg Heffley. Greg memiliki Kakak bernama Rodrick yang gemar music Heavy Metal dan suka mengerjai Greg, dan memiliki adik bernama Manny. Seperti biasa, untuk urusan makanan, mainan Manny tentu yang paling diperhatikan oleh mama-papanya dan sering menimbulkan kecemburuan dari Greg.  Juga jika Manny melakukan kesalahan, lagi-lagi yang besar juga yang kena sasaran..:D

Tidak di dalam sekolah atau luar sekolah, Greg yang berteman akrab dengan Rowley ini ada saja kejadian yang membuat kita tertawa geli. Sebenarnya baik Greg maupun Rowley bukanlah tipikal anak bandel atau nakal, tapi ungkapan jujur dari merekalah yang  dilakukan.  Dan itulah kelebihan menjadi anak kecil dan seharusnya dilakukan anak kecil.. tak ada basa-basi  seperti kelakukan orang dewasa  yang kadang tidak masuk akal…

Greg menceritakan kejadian-kejadian yang dialaminya sesuai hari kejadian, jadi jangan heran, ceritanya ada yang panjang, ada pula yang pendek. Dengan didukung gambar-gambar ilustrasi yang lucu dalam setiap paragraf (catet: paragraf) maka dijamin membaca buku ini tidak bakal membosankan, kalau dari keterangan sampulnya sih, “Sebuah novel kartun” mungkin karena di dalamnya gambar kartun-kartun lucu.

Dan tidak melulu menceritakan tentang kelakuan dari Greg yang bikin kita ketawa-ketiwi, di dalamnya juga tersirat tentang bagaimana mereka bersahabat, dan memperbaiki hubungan dengan sahabat saat kita sedang bermasalah dengannya. Tentunya dengan cara  anak-anak yang tulus dan jujur.  Meskipun bersahabat akrab, jangan dikira Greg tidak pernah bermasalah dengan Rowley. Dalam kasus ini, Rowley yang lebih banyak mengalah pada Greg, sempat tidak berbaikan dengan Greg gara-gara persoalan Greg mengerjai anak-anak TK yang diantarnya pulang, menakut-nakuti mereka dengan cacing, tapi justru Rowley yang kena getahnya. Akhirnya meskipun Greg mengaku salah, tetap Greg harus menerima hukuman..

Kita nanti juga akan berkenalan dengan istilah mereka “Sentuhan keju” dan “Zoo-Wee-Mama”, nah apa itu sentuhan keju dan zoo-wee-mama? Sepertinya akan tahu hanya jika Anda membacanya sendiri..hihii..

Sebuah buku yang cukup segar sebagai bacaan, hingga saat ini sudah ada 3 Seri yang sudah terbit, ini adalah seri ke-1.  Jangan takut atau gengsi karena baca buku anak-anak.. karena sebenarnya orang dewasa itu juga senang bermain seperti halnya anak-anak… betul tidak?? :D

Cheerss..

-Eviwidi-

About these ads
Komentar
  1. [...] Review buku Diary Si Bocah Tengil 1 « Eviwidi Bangetz. (No Ratings Yet)  Loading [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s