Bob Sadino Kuadran

Posted: April 11, 2008 in Bisnis Advices
Tag:, , , , , ,

Bogor, 11 April 2008

Bob Sadino Kuadran

Kalo selama ini kita sering membaca atau mendengar orang berbicara tentang kuadran suskes, pasti pikiran kita tertuju pada Teori Kuadran milik Robert T. Kiyosaki, secara dia orang yang begitu terkenal memperkenalkan bukunya Rich Dad & Poor Dad. 

Tapi Pernahkan kita tahu bahwa tokoh bisnis kita yang juga sangat sukses dengan bisnisnya  gerai Kem Chick di wilayah Kemang- Jakarta yaitu Bob Sadino juga memiliki teori kuadran sukses? 

Coba perhatikan kuadran dibawah ini, inilah Teori Kuadran Sukses milik Bob Sadino:

Dari diagram kuadran diatas, apakah anda sudah dapat memahaminya?

Secara urutan, seperti halnya orang merintis bisnis, semua dimulai dari bawah.

Kita bisa memulai bisnis dari belajar dulu di campus atau langsung praktek dilapangan/masyarakat. Kalo Bob bilang kalo memulai bisnis dari masyarakat kita pasti akan mengalami “BINGUNG DULU BARU BELAJAR” sementara kalo dimualai dari campus kita akan mengalami “BELAJAR DULU BARU BINGUNG”. 

Kenapa begitu? secara alamiah orang yang langsung terjun ke bisnis dimasyarakat mereka akan mengalami kebingungan karena secara teori dia tidak menguasai ilmu bisnisyang  akhirnya memaksa dia harus kembali belajar di campus untuk memehami teori bisnis yang baik. Sedangkan orang yang belajar bisnis dari campus, secara teori dia matang tapi secara praktik dia tidak menguasai.

Lalu apa langkah yang tepat? Jika berkaca dari pengalaman Bob, tentu dia memulai dari masyarakat dulu baru belajar lagi ke kampus, tapi semua orang memiliki cara belajar dan berbisnis yang berbeda-beda. Semua orang berhak memulai dari manapun.

Setelah kita memiliki bisnis dan menguasainya baik secara Teori dan Praktik di masyarakat, kita akan masuk ke kuadran berikutnya yaitu Terampil, di terampil ini akan ada skill full kita yaitu: Accountable dan Responsible. Setelah kita melewati kuadran ini kita akan memasuki Kuadran tertinggi yaitu Profesional. 

Jika ingin memulai bisnis, Bob Sadino memberi saran-saran:

– JANGAN TAKUT

-JANGAN BANYAK BERHARAP

-LEPASKAN PIKIRAN-PIKIRAN YANG MEMBELENGGU

-KEMAUAN

-TEKAD YANG BULAT (KOMITMENT)

  DETERMINATION – UNTUK JADI ENTERPREUNER

-BERANI MENGAMBIL PELUANG

-TAHAN BANTING + TIDAK CENGENG

-BERSYUKUR  PADA SANG PENCIPTA

Itulah saran-saran untuk memulai bisnis dari tokoh bisnis kita yang yentrik (kemana-mana selali pakai celana kolor pendek). Jika cocok dengan anda, tidak ada salahnya untuk mengikuti jejak Bob Sadino.

Cheerz,

Eviwidi

 

##  Dari Talk show  & peluncuran buku “Punya Bisnis Sendiri Itu Nikmat” Minggu, 16 Maret 2008 di gedung LIPI Bogor, Jl. Ir. Juanda pukul 08.30 – 12.30 WIB.

Komentar
  1. aswienoktavian mengatakan:

    saya setuju sekali mbak Evi,, jika ingin menerjuni kuadran bisnis, tips-tips diatas sangat perlu supaya bisnis kita terus fight dan menghasilkan walaupun banyak persaingan di lua sana.

    kalo pakai kolor pendek, dirumah aja deh, ga usah dipamerin keluar…tapi itu yang bikin bob sadino sukses….

    salam kenal

  2. aryo mengatakan:

    hi mbak… salam kenal aja..

    bagus banget mbak kutipan dari teori kuadaran om bob… menyegarkan dan membaharui teori robert kiyosaki yg sudah menjemukan… heheheh

    om bob memaparkan lebih aplikatif dan sesuai dengan kondisi bangsa kita…. mungkin karena kurikulum dan metode pendidkan yg semrawut kali…

    thanks 4 share and all the besy

    Aryo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s