Baca Laskar Pelangi dan Ayat Ayat Cinta setelah euforia reda

Posted: April 12, 2008 in Resensi Buku Fiksi, Resensi Buku Non Fiksi
Tag:, , , ,

Barangkali jika aku baca novel fenomenal Laskar Pelangi karya Andrea Hirata dan Ayat Ayat Cinta karya Kang Habib sekarang, mungkin udah dianggap basi, secara film Ayat Ayat Cinta udah segitu heboh dan Laskar Pelangi akan menyusul di filmkan.

tapi emang itulah adanya, aku paling ga ngeh kalo lagi heboh-hebohnya trus baca. Sepertinya aku gak bisa berpikir obyektif lagi karena begitu gencarnya promosi dan review di sana-sini. Setelah semuanya reda dan aku rasa udah “normal” aku udha mulai bisa menikmati membaca keduanya.

karena bagiku, membaca itu sama saja dengan kita menikmati makanan, ataupun juga kegiatan yang memerlukan konsentrasi untuk memahami dan menikmatinya.

Secara penulisan aku bisa merasakan kalo novel laskar pelangi emang lumayan untuk seorang Andrea Hirata yang nota bene namanya tidak sementereng Dewi Lestari, Djenar Maesa Ayu, Ayu Utami, Sapardi Joko Damono,YB Mangun Wijaya yang udah malang melintang buku-buku hebohnya.

Bahasanya deskriptif dan karena diceritakan oleh Andrea yang sekarang, maka untuk untuk memberi nilai tambah, penyebutan nama-nama pohon saja tidak disebutkan secara “wajar” saja, melainkan pakai nama latinnya. kalo dia menceritakan dalam posisi anak kecil zaman dulu, ganjil aja rasanya anak sekecil itu udah kenal nama-nama latin tumbuh-tumbuhan secara dia di pedalaman nun jauh di Belitong.

pendeskripsian secara akurat dan tepat inilah yang seolah menjadi “ruh” novel ini. Pembaca seolah diajak untuk menikati suasana di sekolah dasar Muhammdiyah tempat dia dulu belajar.

Sedangkan untuk novel Ayat Ayat Cinta, berhubung aku belum selesai membacanya aku belum bisa kasih komentar. Tapi dari halaman pertama aku baca, Kang Habib juga paham betul soal Mesir, mungkin karena dia udah pernah tinggal disana jadi jika dia berimajinasi untuk membuat cerita dengan setting mesir dia uda tahu pasti bagaimana keadaan Mesir.

hemm… aku mo ngelanjutin baca yaa…

Cheerzz

evi

Komentar
  1. ryan_oke mengatakan:

    Nggak basi ah. Dulu aku baca AAC saat belum ada euforia yang seperti sekarang, namun bacanya juga setelah euforia “di internal” agak mereda. Mungkin di kalangan internal ada yang menganggapku ketinggalan. Tapi aku tidak merasa begitu. Membaca begituan kan bukan suatu kewajiban. Jadi suka-suka kita kapan ingin membacanya.

    Ya nggak?
    Ya dong!

    *sama sekali belum baca LP*

  2. eviwidi mengatakan:

    Makasih Ryan, emang sih ngebaca novel itu gak perlu nunggu ini-itu, gak bakalan basi juga, secara dia bukan makanan..hehhehe….

    Peace!

  3. wie mengatakan:

    yach,,,
    mau tau gak gara-gara laskar pelangi jadi best seller malah wie udah tiga kali baca ulang novelnya.
    bener kata ryan, kalo lagi euforia malah gak enak kalo dibaca.
    terlepas dari segitu menterengnya hasil bang andrea sih,
    kita gethoo,,khan anak bangka belitung..
    peace, luph, and smart
    I LUPH MY ISLAND!!!

  4. wie mengatakan:

    yach,,,
    mau tau gak gara-gara laskar pelangi jadi best seller malah wie udah tiga kali baca ulang novelnya.
    menterengnya hasil bang andrea sih,
    kita gethoo,,khan anak bangka belitung..
    peace, luph, and smart
    I LUPH MY ISLAND!!!

  5. nery mengatakan:

    aku belum pernah baca AAC ataupun Laskar Pelangi tapi dah nonton film AAC dan pengen banget nonton Laskar Pelangi.aku nonton kick andy dan terharu ketika melihat ibu muslimah.can’t wait to see the film!!!!

  6. eviwidi mengatakan:

    Nery—> Film Laskar Pelangi udah mau tayang tuh, kalo gak salah tanggal 25 sept ini..nonton yach!

  7. fawzul mengatakan:

    ass…
    setelah saya menonton film laskar pelangi, saya sangat terharu, dan semangat belajar saya menjadi tergugah.,namun film itu kurang lengkap tidak seperti yang di novel..terimakasih buat andrea hirata n klo boleh minta tipsnya donk biar semangat belajar

  8. i'ah mengatakan:

    asw…

    melihat film ayat-ayat cinta menggugah hati q tapi tidak begitu seru lebih seruan baca novelnya.kita bisa berimajinasi tentang Mesir.Subhanallah dari novel ayat-ayat cinta tu q mendapatkan hidayah…

  9. mivtech mengatakan:

    Keduanya sama2 bagus…
    Tinggal novel ke 4nya lp blm kluar ni..
    mnrtku novel aac lbh bagus kmdn sang pemimpi (tetralogy lp ke 2)

  10. Riki mengatakan:

    novel laskar pelangi aku ingin menbacanya lebih lanjut…………………….

  11. Vhen mengatakan:

    Novel laskar pelangi,
    and novel aAc
    cm” bgus . .
    Pii aku lebih milih laskar pelangi. . !
    Buat q tu nvel yg bs mnggugah smangat aq. .?

Tinggalkan Balasan

