Perang Tarif Operator Telepon di Indonesia

Posted: Mei 6, 2008 in Riset Kecil-kecilan
Tag:, , , , , , , ,

Saat ini hampir semua operator telepon baik yang berbasis GSM maupun CDMA ‘seolah’ berlomba menurunkan tarifnya dengan berbagai iklan yang programnya kadang tidak jelas dan membuat sebagian masyarakat bingung.
Bagaimanapun sebagai pengguna, konsumen harus jeli untuk memilih apa yang benar-benar dibutuhkannya. Tidak gampang terbujuk oleh iklan yang memang begitu gencar menyerbu lewat tayangan televisi, koran, radio, promosi di tempat umum, maupun internet. Begitu beragamnya pilihan kadang membuat pusing, belum lagi yang baru bermunculan seperti CDMA Ceria keluaran PT. Sampoerna Telekom dan Hepi keluaran PT. Mobile-8 Telecom, Tbk. Jika ceria membidik ceruk pasar untuk rural area alias area pedesaan, Hepi juga sepertinya akan membidik ceruk pasar yang sama. Hepi hanya bisa digunakan untuk satu wilayah seperti halnya Esia dan Flexi ketika belum memiliki Flexi Combo. Tampaknya perebutan market CDMA akan semakin riuh dengan hadirnya pemain-pemain baru.
Sebagai perbandingan harga, coba simak tabel berikut ini, untuk perbandingan pemakaian telepon/percakapan dengan parameter tarif dan durasi percakapan selama 10 menit untuk lokal dan SLJJ pada jam kerja pukul 09:00 WIB , riset pertanggal 1 Mei 2008.

Tarif Pulsa GSM

Sesama Operator Lokal SLJJ
Three 1.500 1.500
Axis 600 600
XL Bebas 600 600
Mentari 3.000 3.000
IM3 1.350 1.350
Simpati Ekstra 900 900
Kartu As 4.800 4.800
Simpati PeDe 1.800 1.800
Lintas Operator Lokal SLJJ
Three 3.990 10.000
Axis 6.000 6.000
XL Bebas 4.200 4.200
Mentari 3.000 3.000
IM3 9.000 9.000
Simpati Ekstra 3.600 3.600
Kartu As 7.200 7.200
Simpati PeDe 15.000 15.000

Tarif Pulsa CDMA

Sesama Operator Lokal SLJJ
StarOne 2.000 2.000
Fren 540 540
Flexi Classy 490 9.000
Flexi Trendy 490 9.000
Smart 250 250
Esia 500 500
Lintas Operator Lokal SLJJ
StarOne 7.000 12.500
Fren 7.000 14.000
Flexi Classy 5.500 16.000
Flexi Trendy 8.000 19.000
Smart 9.900 13.200
Esia 8.000 15.450

Sengaja saya tidak mengurutkannya secara dari urutan yang paling murah ke yang paling mahal, akan tetapi diacak dengan tujuan anda bisa menganalisa sendiri mana yang paling murah. Tabel tersebut disederhanakan untuk perbandingan harga yang lebih akurat, merujuk pada waktu,jarak dan penggunaan telepon sesama operator dan lintas operator. Analisa tersebut tidak termasuk penggunaan tarif sms dan pemakaian untuk keperluan internet maupun chatting di melalui handphone, tetapi di spesifikasikan untuk penggunaan telepon percakapan saja. Anda juga bisa mengecek analisa terkait di website operator masing-masing yang juga saya sertakan untuk bahan referensi.
Untuk kelas GSM saat ini yang paling murah tarifnya adalah XL yang berani mematok harga Rp. 600 untuk pemakaian 10 menit -1,5 jam bagi pengguna sesama XL diseluruh Indonesia. Dan pertanggal 3 Mei 2008 XL di harian Kompas, XL menurunkan berita turun tarifnya lagi menjadi Rp 300 untuk wilayah Sumatera, Sulawesi, NTT, Ambon dan Papua, berlaku sepanjang hari 24 jam tanpa ada perubahan di menit tertentu. Selain XL. Axis juga boleh dibilang murah, tapi berhubung pemain baru, tentu pengguna masih pikir-pikir untuk menggunakanya, terlebih jika konsumen sudah tahu tentang BTS (Base Transceiver Station) atau yang dimasyarakat lebih di kenal sebagai tower telepon yang berfungsi untuk memperkuat layanan sinyal telepon, dan hal-hal yang berkaitan dengan kelancaran komunikasi yang disediakan oleh pihak operator. Sedangkan untuk lintas operator, XL juga saat ini menurunkan tarif yaitu pemakaian 2 menit, gratis 8 menit ke semua operator, artinya Cuma bayar Rp.3.000 untuk percakapan selama 10 menit dan pesaing utamanya adalah Indosat-Mentari yang mengeluarkan praduk Mentari Sakti dengan tarif yang sama yaitu Rp.3.000 per 10 menit dengan asumsi Rp. 5 perdetik untuk semua operator.
Sementara CDMA, yang paling murah adalah pemain baru yaitu Smart, keluaran Smart Telecom yaitu Rp. 250 untuk percakapan 10 menit untuk penggunaan sesama Smart. Sedangkan untuk pemakaian lintas operator boleh dibilang CDMA masih tergolong mahal.
Sangat disarankan, konsumen untuk mengetahui betul apa yang dibutuhkan dan bagaimana kesanggupanya memiliki telepon genggam. Bagaimapun kebutuhan tiap-tiap orang sangat beragam. Ada orang yang sering bepergian keliling Indonesia bahkan luar negeri, ada yang kadang-kadang bepergian, ada juga yang sangat jarang bahkan tidak pernah bepergian karena mungkin faktor usia atau penyakit, akan tetapi sangat membutuhkan telepon untuk komunikasi baik dengan teman, saudara, rekan bisnis maupun keluarganya.
Dengan mengetahui tingkat kebutuhan masing-masing dan berapa budget yang bisa di sediakan untuk komunikasi ini, tentu akan bisa lebih bijak dalam memilih operator telepon yang tepat.
Untuk yang memiliki mobilitas tinggi seperti pebisnis yang sering bepergian, operator yang punya sinyal kuat dan BTS yang sudah berdiri di seluruh pelosok negeri tentu pilihan yang tidak salah. Meskipun harus rela untuk berbeda harga dengan operator yang paling murah tarifnya, tapi jika layanan bagus, sinyal bagus, membayar harga sedikit lebih mahal tentu itu adalah suatu konsekuensi yang sangat logis. Pilihan Operator seperti Telkomsel dan Indosat adalah pilihan yang cukup rasional, secara dua operator itu memiliki jaringan yang cukup memadai mengcover wilayah-wilayah terpencil di seluruh Indonesia.
Sedangkan bagi yang tinggal menetap di pedesaan, atau jarang sekali bepergian, pilihan telepon berbasis CDMA seperti Ceria, Wifone, sangat disarankan, atau menggunakan telepon rumah biasa (PSTN) keluaran Telkom.
Bisa disimpulkan, bagaimanapun pilihan penggunaan operator telepon selular baik yang berbasis CDMA maupun GSM kembali tergantung pada kebutuhan masing-masing orang. Dengan mengetahui secara pasti apa kebutuhan komunikasinya diharapkan nantinya bisa menambah kelancaran usaha, maupun hubungan. Karena pada intinya, komuniksi melalui telepon gengam bertujuan untuk memperlancar hubungan dan memudahkan komunikasi dan tentu saja disesuaikan dengan kemampuan dan lagi-lagi kebutuhan masing-masing orang. Jadi sudahkah anda memperhitungkan kebutuhan komunikasi anda dengan tepat dan efisien? Dan sudahkah anda menemukan operator telepon yang tepat?
http://www.brti.or.id/
http://www.xl.co.id/Bebas/Tarif_Termurah_XL_bebas/
http://www.telkomsel.com/web/announcement/tarif_baru/tarif.html
http://www.indosat.com/Mentari/Mentari_Promotions/Mentari_Sakti
http://www.indosat.com/IM3/IM3_PromotionsProgram_Nasional/IM3_Rp_000000000001_Per_Detik
http://www.three.co.id/prepaid/?layer=wrap_promotion_main
http://www.axisworld.co.id/?m=ourservice&ids=tarif
http://www.mobile-8.com/id/products/tarif
http://www.telkomflexi.com/products/index.php?page=Mjc=
http://www.indosat.com/Starone_Fixed_Wireless
http://www.smart-telecom.co.id/consumer/prepaid_tarif.php
http://antara.co.id/arc/2008/4/27/brti-penurunan-tarif-telepon-untungkan-konsumen-dan-operator/

Salam,

Eviwidi

Komentar
  1. pitusiji mengatakan:

    tarif murah, kita sama-sama senang.

  2. ahmad mengatakan:

    sip infonya, ne aku lagi bengung cari kartu yg cocok dbwa ke kampung cz dsna sinyalnya ancoooor cor…Thankz banget infonya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s