Ritual saat padi hamil di Bali

Posted: Juli 11, 2008 in Blog Walking
Tag:, , ,

Saat jalan-jalan ke Blog-nya Dewi Lestari, aku baca-baca artikel tentang kisah perjalanan Dee waktu di Bali, dengan gambar sawah padi yang hijau dan penataan terasering yang terkenal itu…uhhhuhuhuu..jadi pengeeenn..

Dee bercerita tentang beberapa tradisi yang ada sana berkaitan dengan petanian itu. Awalnya ngebanding-bandingin proses pertanian di Bali yang masih sangat-sangat konvensional, bila di bandingkan dengan system pertanian yang ada di luar negeri.

Namun setelah melakukan riset kecil-kecilan, ternyata ada proses ritual yang memang seperti itu. Karena menjaga keseimbangan antara alam dan manusia yang selama ini luput dari pemikiran orang-orang modern.

Yang paling menarik adalah ritual saat padi sedang hamil,istilahnya Biyukukung.. bisa aja nih orang Bali…:D.

Aku teringat banget, kalo saat makan, kemudian gak habis, entah kenapa aku selalu seperti ada “sesuatu” yang membisikkan dan aku musti minta maaf sama makanan yang gak kuhabiskan. Secara nalar sih, sebenernya aku juga merasa feeling guilty kalo gak ngabisin makanan apalagi kalo sampai di buang..hikss…

Jadi jika gak habis akau selalu bilang dengan tampang bersalah dan melas: “Nasi..aku mohon maaf ya..aku gak bisa ngabisin kamu, karena aku sudah Kenyang..”

Hmm…setelah baca tulisan Dee, sepertinya aku gak bakalan nyia-nyiain lagi si Nasi sebutir-pun..(hiks..bisa gak yaa..?!) Doakan yaa….(diucapkan kayak mau ikut Benteng Takeshi).

Yang pengen baca selengkapnya, tancap ajah di blog-nya Mba’ Dewi

Cheerz

-Evi-

Komentar
  1. ipk4cumlaude mengatakan:

    Kalo saya makan pasti abis. Kuncinya, mendingan nambah daripada lebih. Penasaran juga ceritanya mba Dewi, koprol ke blognya mba Dewi ah…. thx

  2. galeter mengatakan:

    HAH..?

    kalo anda ngefans dengan Dee..
    coba cek link dibawah ini ..

    http://galeter.wordpress.com/2008/07/27/pelajaran-dewi-lestari/

Tinggalkan Balasan

