Resensi Buku Komunikasi Tidak Mudah, Mengapa?

Posted: November 28, 2008 in Resensi Buku Non Fiksi
Tag:, , , , , ,

cover1Judul Buku : Komunikasi Tidak Mudah, Mengapa?

Penulis : Listy

Rilis : 2008

Halaman : 64 hal.

Penerbit : Bisnis2030

Harga : Rp. 22.900,-

Dapat dibeli di: TBO Bookoopedia

———-

Aku sebenarnya jarang baca buku Non Fiksi, koleksi buku non fiksiku paling-paling kalo gak buku resep masakan, buku Skenario ya buku-buku tentang menulis (selain buku-buku Agama Islam). Terakhir yang aku dapet dari Gramedia (hadiah dari menulis Review, makasih banget Gramed..:D ) adalah bukunya Gulnaldi tentang Make Up. Mau sedikit bergenit-genit gitu ceritanya..hehehhe…

Buku yang aku bahas kali ini adalah Komunikasi Tidak Mudah, mengapa? dari penulis baru bernama Listy.

Buku ini tipis banget, secara cuma 64 halaman!. Enteng dibawa enteng juga harganya. Dalam buku ini Listy secara sederhana menulis tentang berbagai hal yang berkaitan tentang Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun sederhana namun tetap dikaji dari beberapa teori orang-orang yang memang berkompeten.

Misalnya saja tentang teori dari Herrmann Brain yang mengelompokkan manusia dengan 4 warna, yaitu warna Biru, Kuning, Hijau dan Merah. Namun dalam kehidupan nyata, semua warna itu tidak ada yang jelek ataupun baik sekali, semua orang hampir memiliki gabungan dari beberapa warna tersebut. Dan kebanyakan orang memiliki satu warna yang lebih menonjol dibanding dengan warna lain.

herr

BIRU

Bagian kiri atas adalah BIRU.

Warna biru lebih menggambarkan orang yang condong sebagai Analis, selalu dengan data, logis dan senang dengan angka/ berhitung, biasanya orang biru introvert/ pendiam.

Pekerjaan yang cocok untuk orang biru adalah seorang Analis atau orang bekerja di Keuangan.

Contoh :

Apabila mendapat kesempatan untuk berdarmawisata dengan uang yang tak terbatas, orang biru akan merenacanakan dengan rinci, seperti :

  • Susunan panitia
  • Tempat- tempat yang akan dikunjungi
  • Waktu yang ditentukan untuk setiap tempat
  • Kendaraan yang akan dipakai, jam dan tanggalnya
  • Makanan yang akan dibawa dll

Yang semuanya harus dengan data.

KUNING

Sebelah kanannya atau kanan atas adalah KUNING

Orang kuning biasanya berfikir lebih jauh dibanding dengan orang dengan warna yang lain, suka berimajinasi, dan wawasannya luas sehingga cocok sebagai seorang konseptor.

Biasanya orang kuning cenderung lebih creative dalam menyelesaikan masalah.

Kecenderungan orang kuning adalah tidak taat pada aturan

Contoh :

Apabila mendapatkan kesempatan yang sama untuk berdarmawisata dengan uang yang tak terbatas, maka yang akan dilakukan orang kuning adalah:

  • Menentukan tempat- tempat yang eksotik, yang orang lain belum terfikirkan
  • Mengakomodir pendapat semua anggota tim
  • Konsep darmawisata akan disampaikan kepada tim dengan jelas.
  • Dalam membuat konsep orang kuning cenderung menggunakan intuisi.

HIJAU

Sebelah kiri bawah adalah HIJAU

Orang dengan warna menonjol hijau biasanya orang yang SOP/ patuh pada aturan, struktural, detail dan penuh perencanaan.

Cenderung seorang yang ingin aman/ savety player dan biasanya terkesan agak pelit.

Pekerjaan yang cocok untuk orang hijau adalah Dokter, Manager dll.

Contoh :

Apabila diberi kesempatan yang sama dengan orang biru, untuk berdarmawisata dengan uang tak terbatas, maka yang akan terjadi adalah:

  • Tujuannya dekat.
  • Irit.
  • Perhitungan dalam pengeluaran.
  • Buat aturan dalam darmawisata.
  • Detail dalam perencanaan, misal tujuan ke puncak, menginap 2 hari, tidak boleh lebih, villa yang murah, acara malam cukup bakar jagung dan barbeque.

MERAH

Sebelah kanan bawah adalah MERAH

Ciri khas orang merah adalah ekspresif, emosional, terbuka, mudah bergaul karena tidak memandang teman dan agak kurang perhitungan.

Seorang entertainer biasanya berwarna merah.

Contoh:

Apabila mendapatkan kesemaptan yang sama untuk berdarmawisata dengan uang tak terbatas, maka yang akan dilakukan orang merah adalah:

  • Tujuan keliling dunia
  • Berapa lama, tidak tahu
  • Kapan berangkat, tidak tahu
  • Menginap dihotel berbintang, dimana dan kapan tidak tahu
  • Acara apa yang dibuat, pokoknya happy happy, tidak dirinci apa dan kapan.
  • Pulangnya kapan, ga jelas, yang penting darmawisata sampai puas. (hal. 31-34)

Yang manakah warnamu?

Buku yang dilengkapi bookmark lucu ini dijual secara online di Bookoopedia. Toko online yang kabar terakhir sudah bekerja sama dengan pihak Amazon.com untuk menyediakan layanan penyediaan buku-buku import yang didatangkan langsung dari USA. Dengan sistem pembayaran pakai rupiah dan menggunakan Payment Gateway yang sudah di custom untuk konsumen Indonesia yaitu Pay Global One atau yang lebih dikenal dengan PG-1.

Sebagai pemula, buku ini cukup memberi pencerahan tentang komunikasi, selain enak dibaca, buku ini juga berisi beberapa ilustrasi pendukung.

Secara materi yang singkat dan padat buku ini boleh jadi pilihan.

Mau baca?

Cheerz

-Eviwidi-

Komentar
  1. septy mengatakan:

    resensinya ko b9sss bgt ciiii
    syanx gax dha nma pengarang resensiny

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s