Resensi Buku Secrets Of  The Chinese Palace (Rahasia Istana Cina)

Posted: Januari 9, 2009 in Resensi Buku Non Fiksi
Tag:, , , , ,

229-01-27190

Rilis            :2001

Halaman    :199p

Penerbit    : Lucky Publisher

Harga : Rp.29.800,-

Memiliki banyak istri atau selir? kalo jaman sekarang istilahnya poligami dan masih menjadi perdebatan di masyarakat.

Tapi kalo jaman dulu alias jaman dinasti-dinastian,kaisar, sepertinya raja atau penguasa memiliki banyak istri itu seperti kewajiban.. :[

Jadi kalo seorang raja memiliki istri atau selir 100 atau lebih itu sih biasa..:p

Nah, buku yang kita bahas kali ini adalah tentang Rahasia Istana China, yaa..rahasianya, apalagi kalo bukan  tentang selir-selir mereka dan intrik di dalamnya.

Raja – raja di China jaman dulu yang dikisahkan di sini antara lain: Kaisar Yuan, Kaisar Zhu Houcong,Kaisar Zhu Yuanzhang, Raja Chu dan Sima Yan.

Juga tentang para Istri Kaisar: Bao Si, Xia Ji,Zhao Ji,Wang Zhi,Wei Zifu,Zhao Feiyan & Zhao Hede dan Deng Sui.

Tak ketinggalan tentang aturan-aturan di Istana,Catatan Rinci dalam memilih istri kaisar.

Buku ini diceritakan dengan ilustrasi, jadi semacam komik gitu, yang dibuat oleh Tian Hengyu dan diterjemahkan oleh Clara Show. Tian Hengyu mengilustrasikan dengan sangat baik dan “hidup” sehingga membaca kisah ini selain kita akan dibuat tertawa-tawa oleh kisahnya juga oleh penggambaranya yang lucu-lucu.

Saya akan ceritakan salah satunya tentang syarat-syarat jika ingin menjadi istri kaisar. Kalo jaman sekarang ada kontes “Miss-miss-an,” jaman dulu sepertinya hal itu juga sudah ada, tentu tujuannya untuk jadi istri kaisar.

Semua anggota tubuh diperiksa dengan seksama oleh pejabat istana yang bertugas “memeriksa” calon istri kaisar.

Misalnya Kaisar Huan (tahun 147 sesudah Kristus), dia ada kandidat calon istri bernama Nona Liang. Sebelum dibawa untuk “diperiksa” di istana, Nona Liang yang merupakan anak seorang Jenderal di pantau lebih dulu perilakunya oleh pejabat istana. Setelah dipastikan bagus, maka dia akan diboyong ke istana, untuk diperika total semua bagian tubuhnya.

Dalam deskripsi buku ini Nona Liang digambarkan:

Matanya bening dan ekspresif, alis matanya melengkung bak rembulan, bibirnya merah delima, giginya bak mutiara, telinganya indah,warna kulitnya mulus bak bunga lili,hidungmya bangir,dagunya manis,pipinya cantik. Istimewa!”

Rambutnya hitam pekat mengkilat, menjadi 8 gulungan penuh apabila digulung di tangan,panjangnya hingga ke lantai dan masih menyisakan 12,5 sentimeter”  (hal.22)

Kulitnya mulus serta wangi, tanpa bercak apapun. Pinggulnya padat berisi buah dadanya indah dan kencang. Pusarnya baik dan dapat dipasangi mutiara berdiameter 1,2 cm”

Saya pastikan dia masih perawan”
Tinggi: 163 cm; lebar pundak: 36,8 cm; pinggang: 58,7 cm; lebar pinggul: 35,9 cm; dari pundak ke ujung jari: 62,1 cm; dari ujung jari ke telapak tangan: 8,2 cm. Semua jarinya lentik. Dari paha ke tumit: 73,67 cm; panjang masing-masing kaki: 16,4 cm. Kakinya mulus, padat serta indah bentuknya; telapak kakinya rata; jari-jari kakinya rapat. Tubuhnya mulus tak berbercak.” (hal.23)
Tidak ada tanda-tanda ambeien”
Suaranya seperti suling manis dan sangat enak didengar”(hal.24)
Well,apakah Anda ada yang memiliki kriteria seperti diatas? Jika ya, sepertinya Anda layak jadi permaisuri…:D
Dan masih banyak kisah-kisah lain tentang perilaku kaisar-kaisar dalam berhubungan intim dengan para selir-selirnya.
Jika Anda menyukai komik-komik Jepang, tak ada salahnya jika sesekali Anda membaca juga komik tentang kaisar-kaisar China ini.

Secara pesan moral mungkin tidak ada yang terlalu berat disampaikan dalam buku ini, tapi memang buku ini di sampaikan dari sudut pandang keunikan dan kelucuan-kelucuannya tentang kisah kaisar-kaisar China dengan selir-selirnya.
Cheerz..

-Evi-

Komentar
  1. azwar mengatakan:

    Sungguh luar biasa ya…aku jadi tertarik karena Wang Xin pernah cerita sekilas pada saya ketika ke Beijing minggu pertama Desember 2008 lalu..pengen sih baca buku ini..

  2. 苏吉多 mengatakan:

    我很高兴,看到了你的书。

  3. ditha mengatakan:

    wiiizzzz cakep banget isinya,,, bagus deh buwat numpuk tugas..
    mksh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s