Dari Bedah Buku Menerbitkan Buku Itu Gampang

Posted: Januari 18, 2009 in Blog Walking, buku baru, Review Buku Non Fiksi, Secara Menurut Aku....
Tag:, , , , , ,

mbigts1Siang itu, Sabtu 17 Januari 2009. TKP: Perpustakaan Diknas Jl. Jend. Sudirman.

Aku celingak-celinguk di lantai dasar yang sepiiiiiiiiiiiii…..(pecahkan saja gelasnya biar ramai..:P). Hari itu, ada acara bedah bukunya Jonru yang berjudul Menerbitkan Buku Itu Gampang.

Pas aku datang hampir tidak ada orang dilantai dasar, emang acaranya dimana sih? Kok sepi amat? Akhirnya beberapa mahluk datang, eh mereka kok langsung naik tangga..ikut ah..ternyata gak salah acaranya emang di Lt. 1, di ruang perpustakaan…oalahh…dasar gak pernah kesana..hehehhe..

Untunglah acara belum dimulai ketika aku datang, aku emang sengaja gak mau molor sih, membiasakan diri untuk selalu on time.

geraibuku.multiply.com

Photo bareng Bedah buku MBIG - Image taken from: geraibuku.multiply.com

Ini foto bareng-barengnya, foto yang lain bisa dilihat di sini.

Sebenarnya hari itu aku juga pengen  ke Erasmus Huis, karena ada Matt di sana mengisi acara Wordcamp, tapi berhubung penasehat keuangan gue bilang yang gratis lebih baik, Evi..so just take it…(duh mo ngomong gak ada duit ajah ribet banget yah!).

Dan di acara Wordcamp itu ternyata ada Christian Sugiono..!!! uwaaa…… gagal maning ketemu si Christian…huhuhuu…

Dan acara yang sedianya dijadwalkan akan dilaksanakan pukul 13.00 WIB agak molor juga sekitar 15 menit. Acara dibuka oleh Mas Epri Tsaqib. Mas Epri ini penulis buku kumpulan puisi Ruang Lengang. Udah tahu belum?

Kemudian setelah acara dibuka, Jonru memulai sesi presenstasi tentang buku MBIG tentang bagaimana mempelajari karakter penerbit buku,jangan cepat putus asa kalau ditolak, proses hingga buku tersebut terbit dan pengalaman Jonru yang karya Novel teenlit pertamanya justru kebanyakan ditolak penerbit dan sampai detik tulisan ini ditulis, buku itu belum terbit! Hahahhaha….

Setelah sesi presentasi dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab. Banyak sekali yang nanya, ada yang nanyain tentang bikin buku Skenario,buku computer,buku Fiksi,buku pelajaran, dan … lain-lain..

Jumlah pesertanya kurang lebih ada 30an orang, waktu awal datang tak hitung sih sekitar 20an ajah, tapi begitu mendekati jam 13.30 baru deh pada datang…

Acara berakhir sekitar pukul 15.15 dan tentu saja dilanjutkan dengan sesi book sign dan foto-foto…dan aku tak melewatkan kesempatan untuk minta tanda tangannnya Jonru juga berfoto dengan beliau.

Secara keseluruhan, acaranya cukup berisi, dan pemaparan yang disampaikan oleh Jonru cukup memadai terutama bagi yang belum membaca buku MBIG. Karena sebenarnya sebagian besar materi yang disampaikan ada dalam buku tersebut.

Acara seperti ini sangat bagus menurutku karena ada interaksi langsung dari penulis dan pembacanya. Dan meskipun ini juga tergolong buku baru dan sekaligus relaunching, tidak ada pertanyaan khas peserta jika ada penulis melaunching buku baru: “Bisakah Anda menyebutkan alasan kenapa saya harus membeli buku Anda?”

Mungkin karena sudah tahu kapasitas Jonru itu kayak gimana..hehhehe…

Ohya, dalam acara ini aku sekaligus kopi darat dengan beberapa teman blog saya.

Kopdar dengan MK dan kenalan dengan 2 cewek manis Dian dan Anisa…Alhamdullilah..tambah teman..

Tak kusangka tak kuduga MK yang biasanya riuh di YM plus gencar promo Cooee dan suka komen di Blog ini, orangnya so quiete…ada apa denganmu Mang? Apakah speechles karena diriku yang cantik ini…atau karena ada diantara cewek-cewek yang manis..hwhahahhaha…(bisa ditimpuk nih sama MK) *Kaburrr…..*

Kami berempat memutuskan untuk cari makan di FX-plaza. Baru tahu kalo makan di foodcourtnya FX bayarnya pakai kayak kartu Flazz gitu. Jadi kita deposit dulu di kartu elektronik trus baru deh kita beli makanan.

Abis makan kita sholat Ashar, dan lanjut lagi windows shopping, dasar cewekk…trus abis itu MK memisahkan diri karena harus ke Bogor…duh cinta banget sih sama kampus Mang..

Dan tinggallah Charlie’s Angles melanjutkan petualangan..(halah..).

Kami akhirnya memutuskan untuk nonton film-nya Jim Carrey yang berjudul Yes Men, asli gila ini film..kocak abis…hampir sepanjang film orang satu ruangan ketawa terus…resensi film ini akan aku tulis terpisah.

Buat MK, Dian,dan Nisa..thanks a lot ya..udah hangaout bareng aku…kapan-kapan kita bikin hangout yang lebih seru yaa….!!..

Buat Jonru..sukses yaa!!!!

Eviwidi

Pecinta buku,Book Reviewer,Blogger.

Komentar
  1. Bung Nashyr mengatakan:

    suka baca juga yah,,,,,
    salam kenal aja…
    tanks, moga sukses

  2. eviwidi mengatakan:

    Halo Bung Nashyr…makasih sudah mampir..

    Iya nih, seneng baca…salam kenal juga..

  3. mang kumlod mengatakan:

    Gw ya seperti itu, Vi… hehehe… Kaget yah…?
    Kemaren surprise juga sih ketemu Dian sama Nisa. Gw tuh janjian (kopdar) cuman sama Evi n Fitonia. Ntar gw post deh di blog gw…

    Duh kok pada nonton Jim Keri sih… Gw pengen dong…!!

  4. eviwidi mengatakan:

    Iyah..kaget…*pingsan dulu ah…* …

    Seru loh kita hangout kemaren, klop banget…gak nyangka ketemu dengan orang-orang yang “sepaham”..:P

  5. […] kaya gimana? Baca aja di blognya evi! Habis dari sana, karena diriku belum makan dari pagi (baru bangun jam 11.30 bo cuz gw nyooee dari […]

  6. Benedict Agung Widyatmoko mengatakan:

    Mbak Evi,
    Dikasih tahu nggak sama Mas Jonru, penerbit mana yang baik hati dan toleran sama penulis anyaran🙂
    Kasih tahu saya ya ya ya hehehe

    Salam hangat
    Ben

  7. eviwidi mengatakan:

    Dear Agung,

    Makasih yah udah mampir si blog aku.

    Kemaren Jonru rekomendasinya adalah Penerbit Tiga Serangkai dan sekolah menulis online-nya.

    Ada banyak penerbit kok yang sudah self publishing sekarang, kalo rekomendasi saya salah satunya adalah Bisnis2030.

    Anda bisa mengirimkan email ke helpdesk@bisnis2030.com
    Nanti akan di kirimi prosedur dan step by step-nya.

    Salam hangat juga..:)

  8. Benedict Agung Widyatmoko mengatakan:

    Terimakasih Mbak Evi🙂

    Salam hangat
    Ben

    http://benedikawidyatmoko.wordpress.com
    http://benagewe.blogdetik.com

  9. julehajones mengatakan:

    aq ada disitu juga loh, perkenalkan saya jones, dan si MK (bukan mary kate ya) itu emang pendiem karena lagi ambyen (lariiii)

    nanti klau lagi ada acara2 lagi, let me know ya
    aq ol di julehajomes@yahoo.com

    salam kenal eviiii

  10. eviwidi mengatakan:

    hai Jule..kamu yang duduk di mana ya? pakai baju apa?

    Iyah si Mang pendiem banget….mungkin kebanyakan nyooee sampai ambeien….*Kaburrr….*:D

    Oke deh, met kenal juga yah, sampai bertemu di YM…

    Hidup YM….

  11. dian mengatakan:

    haaloo jeung… maaf nih baru mampirr.. bersyukur banget bisa kenal jeung evi.., isi blognya menarik.. udah kutulis di link ym kuu😀

  12. eviwidi mengatakan:

    haloo Dian..nice to meet you too!

    Sampai juga akhirnya di sini..hehehhe….

    Selamat datang di blog aku yang sederhana ini..

  13. julehajones mengatakan:

    aq pake baju biru, yang lumayan ribut, duduk disebelah nya MK, coba di inget2 lagiiii

  14. Kojack mengatakan:

    you are good writer!
    semoga kesampaian keinginan saya menulis buku sendiri,
    tahun ini, cukuplah obsesi ketemu novelis favorit dulu yang dikejar.
    eh, tukeran link yok?
    mampir ke blog saya ya

Tinggalkan Balasan

