jdao5028bigDouble Act
Si Kembar Berulah

Jacqueline Wilson

Harga : Rp 25.000,- *

Ukuran : 13.5 x 20 cm

Tebal : 208 halaman

Terbit : April 2009

Soft Cover

Setelah menamatkan buku Jacqueline Wilson yang berjudul Starring Tracy Beaker, saya membaca buku Mrs. Jaq yang terbaru, yang berjudul Double Act – Si Kembar Berulah.

Dan masih menggandeng Nick Sharratt untuk bagian ilustrasinya, buku ini juga ada Sue Heap yang juga membuat Ilustrasinya.

Ada dua tokoh utama di sini, ada Ruby dan Garnet. Tokoh Ruby diilustrasikan oleh Nick Sharratt sedangkan tokoh Garnet diilustrasikan oleh Sue.

Ruby dan Garnet meskipun kembar adalah dua pribadi yang saling bertolak belakang, namun saling membutuhkan satu sama lain. Ruby tomboy dan pemberani, sedangkan Garnet sebaliknya, rapuh dan gampang menangis.

Sebagai anak kembar berusia 10 tahun, tentu ulahnya tidak akan jauh-jauh dari kenakalan anak-anak…

Ruby dan Garnet adalah kembar indentik, hanya sedikit orang yang bisa membedakan mereka. Memakai baju yang sama dengan kepangan rambut yang juga sama persis dan seringkali melakukan hal-hal secara bersamaan. Mereka tinggal bersama seorang ayah bernama Richard dan seorang nenek, Ibu dari Richard, ayah mereka. Ibu dari si kembar telah lama tiada.

Ayah si kembar memiliki hobi membeli buku bekas, jadi rumahnya penuh dengan buku-buku bekas  yang dibeli dari  bursa buku bekas dan lelang  serta toko-toko obral…dan jika tidak ada uang buku-buku tersebut akan dijual kembali…:D

Hampir seluruh permukaan lantai rumah mereka penuh dengan buku, bisa dibayangin dong..gimana tuh kalo jalan malam-malam misalnya untuk ambil minum, pasti akan tersaruk-saruk buku yang banyak banget, atau kalo paling apes menggulingkan tumpukan buku dan bikin gempa ringan di dalam rumah..hehehhe…

Suatu hari, si kembar menemukan buku tebal yang masih kosong, dengan sampul bertuliskan ACCOUNTS yang tintanya dari emas. Setelah berdiskusi sedikit dengan ayahnya, maka si kembarpun memulai kisah mereka di buku tersebut dengan menuliskan secara bergantian.

Bisa dibilang sepanjang buku ini, adalah catatan dari  buku tersebut, jadi akan ada dua karakter penulisan, jika hurufnya tegak, itu kisah dari Ruby, jika hurufnya miring itu yang nulis Garnet.

Hampir semua hal-hal yang konyol maupun kesedihan saat Ibu mereka tiada dituangkan dalam buku ini. Saat Garnet pipis di panggung saat acara drama, dan saat-saat tentang Ibunda mereka masih bisa memeluk mereka. Hingga saat-saat ada seseorang hadir dalam kehidupan ayahnya dan hendak menggantikan Ibu mereka..

Rose hadir dalam kehidupan mereka, Gran atau nenek tidak menyukainya, apalagi anak-anak kembarnya…dan kerena Rose, akhirnya perubahan terjadi juga, nenek pindah ke apartemen semacam panti jompo, sedangkan Ruby, Garnet, Ayahnya dan Rose pindah ke sebuah wilayah pinggiran membeli sebuah rumah yang sekaligus bisa dibuat toko buku. Perpisahan selalu menyedihkan demikian juga Ruby dan Garnet yang sedih sekali saat harus berpisah dengan neneknya…

Suatu ketika, ada sebuah audisi untuk sebuah film serial tv anak-anak yang akan diangkat dari buku  karya Enid Blyton yang berjudul Si Kembar di St Clare. Si Kembar mengetahuinya di sebuah koran Guardian yang biasa dilangganani oleh Rose.

Ayah mereka sangat menentang rencana Ruby ikut audisi itu, tapi dasar Ruby yang sangat bersemangat akhirnya dia bisa mengajak Garnet untuk ikutan acara itu…

Bagaimana caranya? Hmmm..hmmm…..bacalah..buku ini…yang jelas seru dan kocak abis…:D

Seperti kisah yang dituturkan Mrs. Jaqueline sebelumnya di buku Starring Tracy Beaker, kegiatan yang dilakukan anak-anak ini tidak jauh dari impian menjadi bintang dan bermain drama. Sepertinya kegiatan bermain drama dan impian menjadi bintang ini sangat mempengaruhi karya-karya Jaqueline.

Tidak seperti kembar identik yang dialami oleh beberapa teman kuliah dan sekolah saya dulu, biasanya mereka secara sifat kurang lebih sama, namun ternyata dalam beberapa kasus ada pula yang bertolak belakang. Ada pula kejadian kembaran dari bintang-bintang film terkenal dan mereka sama sekali tidak terkenal. Meskipun ada juga yang bisa terkenal dua-duanya.

Yah..meskipun kembar, ternyata yang namanya nasib orang beda-beda. Mungkin Anda tidak pernah menyangka jika Scarlet Johansson, Alanis Morissette, Ashton Kutcher, Nick Carter  memiliki saudara kembar.

Pada kisah ini, Ruby dikisahkan sangat tomboy, pemberani dan penuh semangat. Sedangkan Garnet sangat rapuh, gampang menangis dan penakut. Tapi keduanya sangat saling menyayangi satu sama lain.

Moral yang terkandung dalam cerita ini juga sedikit menyinggung masalah keberadaan Ibu tiri. Mungkin hampir sebagian besar anak-anak di dunia sudah tahu cerita jika Ibu tiri digambarkan jahat dan kejam..tapi dalam cerita ini, digambarkan sangat ‘humanis’. Mereka juga manusia yang sama, memiliki sisi kelebihan dan kekurangan, memiliki sisi baik dan sisi buruk. Buku ini bisa menjadi salah satu alternative untuk menceritakan kisah itu.

Saya sangat menyukai konsep penulisan cerita yang ada dalam buku Double Act ini. Penceritaan dengan model ditulis oleh dua orang anak kembar yang berbeda sifat ini sangat menarik untuk dinikmati.

Masing-masing tokoh tidak kehilangan karakternya dan kita bisa tertawa dengan ulah kedua anak kembar yang konyol dan seru ini…jadi jika ada kelucuan-kelucuan yang tidak masuk akal, nikmati saja..namanya juga anak-anak…:D

Cheers..

-Eviwidi-

Komentar
  1. Dedhy Kasamuddin mengatakan:

    Assalamu ‘alaikum mas, demi menjalin silaturahmi sesama Blogger marilah kita saling bertukar link, gimana mas?? Salam kenal yah dari Dedhy Kasamuddin😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s