Review buku Circa

Posted: Mei 11, 2009 in Resensi Buku Fiksi, Review Buku Fiksi
Tag:, , , , ,

Circa

Sitta KarinaIGGI2233big

Harga : Rp 32.000,- *

Ukuran : 13.5 x 20 cm

Tebal : 216 halaman

Terbit : Juli 2008

Penerbit ; Gramedia Pustaka Utama

Soft Cover

Almashira Dinia Raiz.

Choice of approach : Chemistry, Economy, Social Studies Product/brand/Company name: Circa Cosmetics.

Circa adalah sebuah nama perusahaan kosmetik. Produk-produk Circa sangat digemari dikalangan kaum muda dan menjadi serbuan gadis-gadis remaja setiap meluncurkan  produk-produk baru.

Almashira adalah salah seorang siswa SMU yang memiliki ‘passion’ dibidang kosmetik, berusaha bisa ikut magang di perusahaan kosmetik itu demi cita-cita menjadi seorang dermatologis.

Lantas, apa cerita yang ada di balik nama Circa ini selain sebagai perusahaan kosmetik?

Kisah remaja antara tokoh utama yaitu Almashira dengan seorang pemuda bernama Genta, putra pemilik pabrik Circa di Indonesia adalah inti utama cerita. Dan lokasi kejadiannya adalah di perusahaan tersebut.

Genta Ramya Sasmitro adalah nama lengkap pemuda putra pemilik perusahaan kosmetik Circa itu. Ibunda Genta adalah sahabat baik Ibunda Almashira dan sama-sama sudah almarhum. Sayang Genta dalam kelimpahan harta, dia malas belajar dalam kuliahnya di bidang ekonomi, dan lebih banyak menyerahkan tugas-tugasnya kepada orang lain dengan membayarnya.

Pada tugas kuliah Riset Pemasaran, Genta sempat tidak lulus dan menjadi bahan olok-olokan teman-temannya, termasuk Aldebaran, kakak Almashira.

Akhirnya, setelah terpaksa demi lulus tugas tersebut, Genta memutuskan untuk melakukan riset di perusahaan ayahnya sendiri, yaitu Circa.

Inilah awal pertemuannya dengan Almashira.

Genta sangat kaget, seusia Almashira yang baru 16 tahun begitu serius melakukan magang di Circa. Genta membayangkan dirinya dulu seusianya yang bisanya hanya hura-hura dan hampir tidak pernah serius belajar. Toh sudah kaya ini. Apalagi saat melihat Almashira yang berkulit bak porselen dan sedikit ‘legam’ karena terbakar sinar matahari saat bermain tennis. Genta semakin kagum dengan Almashira.

Alma yang awalnya kurang tahu perihal Genta sebagai anak pemilik perusahaan merasa berhutang budi ketika Genta sempat menyelamatkan nyawanya saat ada kecelakaan di pabrik tersebut.

Alma akhirnya mengetahui status keluarga Genta begitu melihat ada potongan foto Ibunya di Notes Genta yang kebetulan nyelip di tasnya dan Genta menceritakan hal tersebut bahwa ibu mereka bersahabat.

Almashira tidak pernah tahu, jauh sebelum dia kenal Genta, ternyata Genta sudah berteman dengan kakaknya, Aldebaran. Sayang  pertemanan itu tidak berjalan baik karena sempat ada konflik yang mengakibatkan retaknya pertemanan itu dan berujung saling membenci.

Almashira yang sudah dekat dengan teman SMU-nya Sailendra tidak mengerti kenapa jantungnya berdegub lebih kencang katika dekat dengan Genta.

Magangnya Almashira dan Riset Pemasaran yang dilakukan oleh Genta yang sama-sama di Circa, sedikit demi sedikit membuka kisah yang belum tersibak.

Juga permasalahan ketika pimpinan perusahaan tersebut, yaitu ayah Genta, wafat, yang akhirnya menjadi polemik dalam struktur manajemen di perusahaan tersebut, karena banyak karyawan yang under estimate dengan Genta.

Sukseskah Genta dengan risetnya dan akankah dia berhasil lulus dari mata kuliah itu?

Juga mampukah Genta meneruskan tampuk pimpinan di Circa?

Bagaimakah kisah kasih antara Genta dan Alma dan konflik-nya dengan Aldebaran?

Kisah Circa ini, selain mengetengahkan cerita remaja, dalam setiap pergantian bab-nya disertai dengan keterangan jenis-jenis kosmetik dan kegunannya. Misalnya Sunscreen, Vaseline Petroleum Jelly dan tak ketinggalan, tips-tips kecantikan lainnya.

Sitta Karina menuliskan kisah ini dengan alur yang mengalir lembut. Konflik yang dibuat terasa sekali Sitta sangat berhati-hati untuk menjaga konsistensi logikanya. Dan sebagai penulis yang sudah banyak menelurkan banyak karya teenlit, kisah ini cukup layak untuk dinikmati.

Pengetahuan yang diperoleh melalui riset tampaknya yang menjadi dasar penulisan Sitta. Jadi kita akan menemukan pengetahuan baru selain hanya kisah cinta-cintaan remaja tanggung.

Meskipun buku cerita teenlit bukan merupakan buku bacaan  favorit saya, tapi sekali-kali membacanya bisa jadi selingan segar.

Cheers,

-Eviwidi-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s