Review Buku Marshmallow – Sebuah Komedi Pernikahan

Posted: Juli 9, 2009 in Resensi Buku Fiksi
Tag:, , , , ,
Buku MARSHMALLOW

Buku MARSHMALLOW

Marshmallow – Sebuah Komedi Pernikahan
Oleh : Candra Aditya
ISBN : 978-602-8556-14-9
Halaman : viii + 330 hlm
Penerbit : Kakilangit Kencana
Rilis : Juni 2009
Harga : Rp. 50.000,-

——————————————————————————————-

Review ini telah dimuat di Majalah STORY edisi 2, Agustus 2009

Terdapat perbedaan antara versi asli (di blog ini) dan versi cetaknya karena keterbatan ruang dalam media cetak.

——————————————————————————————-

————————–

————–
Versi serius:

DASAR PERKAWINAN
Pasal 1

Perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga atau rumah tangga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Pasal 33
Suami isteri wajib saling saling cinta mencintai, hormat menghormati, setia dan memberi bantuan lahir bathin yang satu kepada yang lain.

Diambil dari:
Undang-undang Republik Indonesia
Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan

————————–—————–

Lantas, adakah yang versi tidak serius? Bukannya perkawinan ataupun pernikahan itu adalah sesuatu yang sakral?

Coba baca baik-baik judul buku berikut:

MARSHMALLOW – Sebuah Komedi Pernikahan

Benarkah di tahun 2009 ini, pernikahan adalah tidak lebih dari sebuah komedi?

Weiittsss….tunggu, jangan komentar dulu…. argumen Anda tidaklah sahih jika belum khatam buku ini.

Tidak ada pelecehan lembaga pernikahan dan menganggapnya tidak lebih dari film komedi murahan di buku ini, karena yang ada, Anda akan dibawa ke alam pernikahan dini, pasangan paling aneh Ayu dan Sugeng yang “sibuk” mempersiapkan malam pertama tapi malah gak dapat-dapat hingga empat bulan….


Ayu berumur 18 tahun dan Sugeng yang umurnya tidak beda-beda jauh darinya. Sugeng ini ceritanya adalah cowok idola di sekolahnya. Ayu yang ‘kesasar’ sekolah di STM ini akhirnya menemukan tambatan hati dan berlabuh di sebuah pernikahan dengan Sugeng (ck..ck..ck..ternyata bisa juga saya pakai kata ‘tambatan dan berlabuh’ untuk kalimat kayak gini…).

Setelah melewati prosesi pernikahan yang tidak jauh-jauh dari sanggul,ijab kabul, tamu-tamu yang buanyak..hingga gigi serasa kering karena senyum terus dan jaga image, sampailah kirannya mereka di kamar pengantin.

Sugeng dan Ayu sudah menyangka, ‘malam pertama’ mereka akan berlalu begitu saja karena sudah kelelahan. Jadi mereka tidur terpisahpun masih ‘dimaklumi’.

Tapi ternyata hal itu berlanjut ke hari-hari selanjutnya, sodara. Ada saja halangan hingga 30 hari pernikahanpun, mereka belum merasakan yang namanya “malam pertama” alias ML alias Making Love.

Resahkah Sugeng? Tentu!
Resahkah Ayu? Ya iyaalah..!!

Tetapi usut punya usut, ternyata Ayu juga masih takut untuk menjalani “malam pertama” itu. Apalagi di kelasnya teman-teman cowoknya sempat memutar film porno yang versi sadomasokis…makin mengkeretlah Ayu jadinya…padahal secara fisik Sugeng sudah siap lahir bathin…

Nah, sodaraku, inilah komedi sebenarnya yang dimaksud. Anak-anak muda ini yang pada intinya masih takut-takut untuk menghadapi “malam pertama” ini tapi sudah berani mengucapkan ikrar suci perkawinan.

Ada 7 kejadian yang menghalangi hingga mereka belum bisa mendapatkan “malam pertama” itu, mulai insiden gorden, kunjungan sodara-sodara,sinetron,tragedy wax and facial,kecapean,inspeksi ibu-ibu PKK dan Candra is totally a Jerk. Penasaran? Silakan dibaca..bukunyaa….:)

By the way, Candra? Siapa sih Candra?

Ya ampun..sudah baca begini panjang, masih gak tahu Candra? T-E-R-L-A-L-U..!! *pakai intonasi Bang Rhoma*

Yeah..Candra ya, yang nulis buku inilahh…berhubung si Candra ini doyan film, jadi jangan heran, dalam buku ini akan banyak bertebaran judul-judul film dan nama-nama bintang film yang disebut.

Bahkan saat di halaman 44-45 terhitung ada 5 judul film yang tersebut, juga tokoh-tokohnya dimasukkan. (Final Destination,Friday the 13th,Finding Nemo, Doraemon, dan Saw).

Kenapa gak sekalian Kapten Jack Sparrow, Wolverine dan Edward Cullen dimasukkan Can? Itu kan tokoh favorit saya..hehehehhe…

Bagi Anda yang sudah merasa tua atau beranjak dewasa, jika baca ini mungkin ada hal-hal yang kurang pas, bersyukurlah, karena itu menandakan kalau Anda normal. Sedangkan yang sudah tua tapi tetap suka baca buku ini, juga bersyukurlah karena Anda akan awet muda.

Buku ini sangat segar untuk bacaan santai, jadi jika tidak santai, saya sangat tidak menyarankan membacanya, karena saya akan sangat mengkhawatirkan buku ini akan berpindah profesi sebagai bahan lemparan daripada sebagai bahan bacaan…:D

Sebenarnya, saya agak kurang sreg, dengan ‘dikomedikan’-nya kata cerai dalam novel ini. Karena bagaimanapun, jika sudah melangkah ke kehidupan baru seperti itu, ada baiknya sedapat mungkin menghindari kata-kata itu. Barangkali hal itu terjadi untuk olok-olok zaman sekarang yang jika dilihat di infotaintmen begitu mudahnya artis kawin-cerai.

Kisah yang dibangun berdasakan sebuah plot ini,tapi diceritakan dari sisi Ayu dan sisi Sugeng membawa pembacanya untuk bisa menikmati saat-saat sebagai Ayu, dan saat-saat sebagai Sugeng. Dua karakter yang sesungguhnya sangat berbeda, tapi bisa ditulis dengan lugas dan cerdik oleh Candra.

Sebagai penulis yang sudah menelurkan buku ketiga ini, Candra memang cukup lumayan menulis buku humor ringan seperti ini. Dia juga sering menyoroti hal-hal sepele dalam kehidupan sehari-hari yang disampaikan dalam bahasanya yang cukup kocak. Seperti fenomena REG spasi WETON yang selipkan dalam cerita ini.

Note:
Ssttt….yang nulis ini belum pernah ngalamin ‘malam pertama’ dan dia masih berumur 19 tahun, sodara! Jadi bisa dibayangkan betapa anak ini imajinasinya sudah kemana-mana…^^ pisss Can!

Cheers.

-Eviwidi-

Komentar
  1. sriwiwid mengatakan:

    pertama saya baca reviewnya di majalah story, saya sangat tertarik membacanya. tetapi tadi siang saya cari di gramedia pekanbaru kok belum ada ya bukunya? udah saya tanya ke CS nya tapi belum ada. apa ada yang bisa bantu?

    • eviwidi mengatakan:

      Nanti saya coba teruskan ke Penerbitnya ya..sapa tahu Pekanbaru segera dapat pasokan stok bukunya…:)

      Btw, thanks sudah baca review bukunya di Majalah dan di blog ini…

  2. Candra Aditya mengatakan:

    Dahsyat bener ya, lu, vid… TING KYU BUERATTTT

  3. echa mengatakan:

    ceritanya lucu abis keren deh🙂

  4. Vero mengatakan:

    aku udah bolak balik ke gramedia dan toko buku, dari jaman masih putih abu abu sampe udah kerja gini blm juga dapet bukunya, padahal penasaran bgt sama isi ceritanya.. ada yg bisa info gak dimana saya bisa dapetin buku ini ?? CP 085311569057 thx.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s