———————–

“Selamat pagi…dunia….”

“Sedang nunggunin anak  di sekolah TK-nya, ih..lucu-lucu banget deh tuh anak kecil-kecil pada baris”

“Uwahh….gila macetnya….nih jalan, jam berapa nih sampe rumah?!  *?!@#$%*&%******%%$#@”

———————-

Menulis status utamanya di  Facebook saat ini sudah masuk dalam kebutuhan pokok barangkali.  Bergonta-ganti  status, mengabarkan sedang apa dan dalam situasi apa dan di mana. Mengungkapkan perasaan gembira, atau sedih, mengabarkan berita yang sedang heboh atau yang sedang terjadi di depan mata bukanlah hal baru lagi.

Menulis status semakin popuplar setelah beberapa situs jaringan pertemanan lain, juga  menerapkan hal serupa seperti  Plurk dan Twitter.  Hampir seluruh dunia pengguna internet mengenal Twitter, banyak artis dan maupun orang-orang terkenal  lain memiliki Twitter.

Akan tetapi, banjirnya pengguna  situs pertemanan dan tulisan-tulisan status yang diupdate terus menerus, menjadikan web-web terkenal lain seolah ‘latah’ untuk memberi  fitur update status ini.

Beberapa waktu lalu, blog Multiply yang awalnya tidak memiliki fitur ini, sudah menambahkan menu “Quick Note” yang kurang lebih sama fungsinya dengan menuliskan status, semua pengguna dan contact list, akan segera tahu dalam sekejap tulisan itu.

Multiply.com

Multiply.com

Kemudian yang saya tahu (tapi tidak tahu persis kapan adanya) adalah blog di Opera. Dia juga memiliki fitur  update status.

Opera.com/community

Opera.com/community

Dan yang baru, adalah Yahoo juga ternyata tidak mau dianggap ketinggalan mungkin, sehingga dia perlu menambahkan fitur  update status ini jika kita membuka e-mail  Yahoo.

mail.yahoo.com

mail.yahoo.com

Latahnya dunia internet dengan fitur update status ini, mengingatkan kita pada hal-hal latah yang seringkali terjadi di Negara kita ini. Dulu sekali saat wartel sedang marak, di setiap gang hampir dengan mudah kita temui warung telekomunikasi atau warnet ini. Setelah eranya bergeser berganti dengan warnet yang menjamur.  Dan yang paling dahsyat adalah latahnya orang membuka konter pulsa atau handphone. Hampir  setiap berjalan beberapa meter  akan dengan mudah kita menemukan konter  pengisian pulsa.

Jika ditinjau dari sudut kemanfaatan, meskipun kita memiliki account Yahoo, Opera, Plurk,Twitter,Facebook dan Multiply, akan bermanfaatkah  jika kita mengisi semua kolom-kolom update status itu?  Atau hal itu hanya akan buang-buang waktu saja?  Atau nanti mungkin suatu saat akan ada sebuah fitur canggih yang jika kita mengisi satu kali maka akan terupdate semua status di account jaringan social yang kita miliki? (atau malah sudah ada?!).

Apakah ini gelaja  bahwa manusia jaman sekarang yang sedang menikmati dunia internet  sebenarnya ingin menjadi  ‘center of the universe’?  hasrat  narsis dan ingin diperhatikan dan dikomentari sudah sedemikian menggila?

Bagaimanapun, gejala ini pasti memiliki sisi positif dan negatif.  Barangkali perlu penelitian untuk mengetahui dampak yang sebenarnya.

Salah satu sisi positif yang bisa digali dari menjamurnya fitur update status ini, mungkin suatu saat, saya akan menulis cerita pendek, dari fitur update status di website yang saya ikuti, paragraph pertama di Facebook, yang kedua di Multiply, yang ketiga di Twitter, yang keempat di Plurk, yang kelima di Yahoo dan yang keenam di Opera….

Selamat siang saudaraku, berapa situs jaringan sosial yang Anda ikuti? Dan sudah update status di mana saja hari ini?

Cheerz..

-Eviwidi-

Komentar
  1. sinta mengatakan:

    aku sempet ilfil ma multiply mbak, gara2 ngikut2 ma facebook. Blog MP yang dulunya dipenuhi ma tulisan2 sekarang jadi gak ada beda ma facebook…So, sekarang jadi lebih enjoy di blogspot😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s