www.fotografer.netKau tahu, aku bukanlah Leucopsar rothschili. Tapi kau bersikeras mengatakan itulah aku. Meskipun sebagai Lonchura leucogastroides, akupun ingin suatu saat bermetamorfosis sebagai Leucopsar rothschili atau bahkan Paradisaea guilielmi.

Aku sangat tahu diri. Saat kau begitu bahagia (yang berusaha kau sembunyikan di hadapanku, tapi sepertinya gagal) dikelilingi dan di sukai banyak Paradisaea guilielmi.

Ya, tapi aku juga tahu, Paradisaea guilielmi, itu high maintenance, sementara aku tidak. Dan aku tahu kemampuanmu. Dan kaupun tahu, bahwa aku hanyalah pengembara..

Tetapi tak baik rasanya, terus-terusan mengatakan sesuatu yang dilebih-lebihkan. Meskipun tidak kau katakan demikian, aku akan tetap membantumu. Karena sudah menjadi tugas utama kehadiranku di sisimu, untuk menolong dan membantumu. Tentu saja aku bukanlah penyihir yang sekali mengayunkan tongkat dapat mewujudkan semua keinginanmu. Tapi kau sudah lihat kan, sejauh apa usahaku?

Aku siap menjadi apapun untukmu. Itupun jika kau melihatnya dan menyadarinya. Ah..tapi sepertinya tidak, tapi sudahlah. Aku memang tidak berharap kau menyadarinya, biarkan saja semua sebagaimana adanya.

Saat kicauku masih nyaring, saat sayapku masih terkepak sempurna, tentu aku akan selalu di sisimu. Entah nanti saat semua keinginanmu terwujud. Akan tetap kau pertahankan aku di sisimu ataukah kau pilih Leucopsar rothschili sesungguhnya. Itu bukan kuasaku untuk menahanmu. Aku tahu, kaupun pengembara.. kita adalah sama..

Kau bisa terbang dan hinggap sesukamu. Akupun demikian. Hanya seonggok padi yang mempersatukan kita, dan sebuah sarang sederhana tempat kita bernaung sementara. Juga bunga-bunga kering dalam rajutan impian masa depan yang masih menjadi wacana. Ini abadi atau fana, hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Sebuah tanya yang telah terurai di antara kita. Cobalah kau tanya dalam hatimu juga. Bukannya aku meragu, apalagi tak percaya dengan kata-katamu. Kita tahu, memang ada tanya yang belum terjawab dalam kebersamaan ini. Sungguh, andai badai menghancurkan sarang kita, ataukah pohon kita tumbang ditebang, apakah kita akan terus bersama?

Tapi mungkin yang tak pernah kau tahu. Aku akan selalu di sini untukmu. Tidak akan mengejarmu jika kau berpaling pada Paradisaea guilielmi. Kau akan tahu kemana harus mencariku jika kau membutuhkanku.

Glossary:
Leucopsar rothschili:Burung Jalak Bali
Lonchura leucogastroides : Burung Emprit
Paradisaea guilielmi: Burung Cendrawasih sedang

Tinggalkan Balasan

