Kreatif Bukan Karena Keturunan, Tapi Kebiasaan

Posted: Juni 10, 2010 in Resensi Buku Non Fiksi, Review Buku Non Fiksi
Tag:, , , , , ,

Oh My Goodness Buku Pintar Seorang Creative Junkies

Oleh: Yoris Sebastian

Cover Buku Oh My Goodness - Yoris Sebastian

ISBN                      :               9789792255263

Rilis                        :               2010

Halaman              :               201p

Penerbit              :               Gramedia Pustaka Utama

Bahasa                  :               Indonesia

Rp.68.000

Kenal istilah I like Monday? mungkin beberapa tahun silam, Senin adalah hari yang paling tidak disukai oleh banyak orang. Tentu dengan berbagai alasan yang berhubungan dengan pekerjaan atau kegiatan sehari-hari, setelah liburan pada Sabtu – Minggu. I like Monday, adalah salah satu program musik yang ada di Hard Rock Café Jakarta dilaunch pada tahun 1996 yang pencetusnya adalah Yoris Sebastian.  Salah satu insan kreatif Indonesia yang sudah memiliki banyak sekali prestasi dari hasil kreatifitasnya yang diakui baik secara nasional maupun internasional. I Like Monday, yang berawal dari pemikiran Yoris bahwa orang-orang banyak yang tidak menyukai Senin, bertolak dari sana bagaimana jika Senin sebagai hari yang menyenangkan dan disukai? dan akhirnya setelah hal itu dimunculkan, menjadi salah satu istilah yang banyak diadopsi oleh banyak pihak untuk diaplikasikan dalam berbagai bidang, hingga sekarang.  Pada tahun 2010 ini, Yoris membagi ilmu dari pengalaman kreatifnya di buku; Oh My Goodness! Buku Pintar Seorang Creative Junkies.

Menurut Yoris, yang saat ini menjabat sebagai bos OMG Consulting, kreatif adalah sesuatu yang bisa dilatih dan bisa dijadikan kebiasaan atau habit. Biasakan diri untuk kreatif dalam setiap hal. Selalu thinking out of the box, berpikir di luar kebiasaan. Kreatif bukan karena keturunan, tapi sebuah kebiasaan.

Untuk melatih kebiasaan kreatif, buku ini terdapat beberapa form, yang berisi pertanyaan ataupun kata-kata yang mendorong  rasa kreatifitas kita. Juga tips-tips, serta semacam quiz yang bisa menilai kita sebagai pembelajar dengan tipe tertentu.

Jangan kaget, dalam buku ini tidak ada nomor halamannya, hal itu memang dibuat secara sengaja sebagai salah bentuk kreatifitas Yoris.  Dan buku ini juga memberi saran untuk bagaimana yang awalnya tidak merasa kreatif bisa belajar untuk lebih kreatif dengan “jalur” yang benar.

Buku yang ditulis dengan bahasa yang mengalir ini, juga dilengkapi dengan cerita beberapa event nasional yang sudah digarap oleh Yoris, seperti Black Inovation Awards, Telkom Indigo Fellowship Program, dan lain-lain.

Dan indikator kreatifitas yang sukses, tentu adalah yang bisa disukai  banyak orang dan mampu ‘dijual’ jika dia sudah masuk dalam ranah industri. Tapi, video porno dari artis papan atas kita, yang terbukti banyak disukai dan menjadi trending topic paling hot di internet saat ini jangan dijadikan salah satu bentuk contoh kreatifitas. Yang ada nanti Anda malah dihujat dan karir Anda hancur…hehe..

Every step starts with an inch. Dan langkah kecil tersebut, jika Anda ingin menggali ilmu kreatif yang ada pada diri Yoris, bisa melalui buku ini.

Eviwidi

10/06/2010

Komentar
  1. Mulyana mengatakan:

    Maaf, Mbak Evi boleh menghapus komentar ini jika tak berkenan.
    Saya punya novel tapi belum sempat dikirim karena bingung mencari penerbit yang sesuai dengan kriteria novel saya. Novel tersebut bertema percintaan dengan latar pedesaan. Latar desa inilah yang membuat saya minder. Belum lagi masalah klise bahwa saya seorang pemula dibidang penulisan, plus status pendidikan saya yang hanya lulusan SMP.
    Nah, saya berniat mengirimkan naskah novel itu sama Mbak. Harapan saya, Mbak sedia membaca dan memberi saran ke mana saya harus mengirim novel tersebut. Saya mohon Mbak sudi membalas pesan ini ke email saya. Please!

  2. Ayahnya Ranggasetya mengatakan:

    Oups, maaf, ada kesalahan. Yang menulis pesan tadi adalah saya, bukan “Mulyana”, itu kakak saya. Kami ngeblog menggunakan hp yang sama, bergantian. Dan tadi saya lupa log out setelah hpnya dipake kakak. Maaf.

  3. Soza mengatakan:

    Terima kasih. Berkat blog ini tugas bahasa indonesia saya bisa selesai:)

  4. risa mengatakan:

    makasih infonya ka..
    besok ditambah lagi resensinya ya ka..
    hehehehehehehe

  5. risa mengatakan:

    makasih infonya ka..
    besok ditambah lagi resensinya ya ka..
    hehehehehehehe
    buat pertimabangan beli buku

  6. Kuni Kate mengatakan:

    makasih banyak buat resensinya
    tugasku jadi rampung nih
    makasih makasih🙂

  7. D36B mengatakan:

    makasih ya mba tugas bisa selese😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s