Review Buku Gratis; Terbang Gratis, Ternyata Bukan Lagi Impian

Posted: Juli 28, 2010 in Bisnis Advices, Resensi Buku Non Fiksi, Review Buku Non Fiksi
Tag:, , ,
Gratis - Chris Anderson

Gratis - Chris Anderson

Judul Buku : Gratis – Harga Radikal yang Mengubah Masa Depan

Penulis : Chris Anderson

ISBN        : 978-979-22-5882-0

Harga      :               Rp 60.000,-

Ukuran   :               15 x 23 cm

Tebal      :               324 halaman

Penerbit:               Gramedia Pustaka Utama

Terbit     :               Juni 2010

Di era informatika saat ini, rasanya mendapatkan layanan di internet secara murah dan gratis sepertinya bukanlah hal yang sulit lagi. Kita semua tahu, Google sebagai perpustakaan terbesar di dunia, bisa digunakan dengan gratis. Tinggal kita memiliki akses internet saja. Yang kemudian berlanjut dengan layanan email; Gmail, yang gratis juga. Belum lagi layanan-layanan lainnya.  Dan gratis-gratis yang lain juga tidak sedikit di internet, layanan penyimpanan data, download, berita,  dan seterusnya, dan seterusnya..

Sedangkan selain di dunia maya, di dunia yang nyatapun benda-benda gratis juga sebenarnya sering kita jumpai. Misalnya beli cairan pel gratis gelas, beli majalah gratis tas, bahkan gratis secara langsung tanpa harus beli sesuatu, itu juga sering kita temui misalnya kita mendapat sample sabun cair baru secara cuma-cuma di sebuah pameran atau mall.

Nah, hal-hal gratis dan nyaris gratis (murah sekali) inilah yang akan dikupas oleh Chris Anderson dalam buku ini. Mungkin Anda masih ingat tahun 2007 yang lalu, Chris pernah menulis buku yang berjudul The Long Tail, yang pembahasannya  juga bersinggungan dengan internet dan kali ini Chris  muncul lagi dengan buku yang berjudul; Gratis –Harga Radikal yang Mengubah Masa Depan.

Dalam temuannya, Chris  mengungkapkan beberapa hal gratis dan nyaris gratis yang bisa kita temui; mulai dari DVD gratis, segala sesuatu dalam toko yang gratis, mobil gratis, buku teks kuliah gratis, biaya kuliah gratis dan penerbangan yang nyaris gratis. Lantas kok bisa gratis, logika keuntungannya dari mana? Bukankah mereka adalah pelaku-pelaku industri yang pasti sangat menghitung rugi-laba perusahaannya?

Dari penelusuran Chris Anderson, dapat diketahui bagaimana dan darimana sumber dana para pemberi “gratis” ini berasal sehingga bisa terus bertahan dan bahkan sukses. Misalnya saja penerbangan murah meriah yang diberikan oleh Ryanair – Dublin, yang melakukan penerbangan murah dari London ke Barcelona hanya 20 dolar (10 Euro) bandingkan dengan harga tiket di maskapai lain yang biasanya 140 -150 Euro. Ternyata ada beberapa hal yang tidak sepenuhnya murah, karena saat kita menggunakan layanan tersebut, ada biaya tambahan yang dinaikkan, misalnya makanan dan minuman di pesawat, mengenakan biaya yang lebih tinggi untuk boarding, bagasi, terbang bersama bayi serta adanya iklan selama dalam penerbangan tersebut. Jadi bisa dibilang, ada subsidi silang untuk “menutup” bagian-bagian pos yang murah tersebut.

Menariknya buku ini, gratis ternyata bisa diaplikasikan dengan beberapa system seperti subsidi silang langsung, juga ada satu kelompok pelanggan menyubsidi kelompok lainnya, dan lain-lain. Dan hal itu bisa menjadi inspirasi kepada para pemodal kita untuk divisi marketing mereka dalam promo produk maupun jasa yang ditawarkan ke konsumen dengan sistem “gratis” ini. Dan kabar baiknya di Amerika, ebook dari buku karya Chris Anderson ini bisa diunduh gratis, sayangnya tidak untuk Indonesia, itu kabar buruknya.

Dan meskipun buku ini tidak sepenuhnya memaparkan seperti halnya sebuah buku riset yang lengkap dengan data-data terperinci, akan tetapi sedikit banyak bisa memberi kita gambaran tentang beberapa hal gratis yang ada di dunia ini. Dan idealnya sih, buku ini juga bisa didapatkan secara gratis, tapi lagi-lagi, di dunia ini, apa sih yang benar-benar ideal? ***

Eviwidi

Blogger, Book Reviewer

Pengelola Toko Buku Online

Komentar
  1. niko yuliio prastio mengatakan:

    di banyakin lagi dunk kumpulan2 resensi bukunya………………………
    TERIMAKASIH

  2. […] Review Buku Gratis; Terbang Gratis, Ternyata Bukan Lagi Impian « Eviwidi Bangetz. (No Ratings Yet)  Loading […]

  3. Doria Hollifield mengatakan:

    Marvel Versus Capcom 3 rules.

  4. Wuliyan mengatakan:

    Ini termasuk buku non fiksi ga?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s