Review Buku Dumba-Dumba Gleter: Ada Hikmah di Balik Konyol

Posted: Agustus 13, 2010 in Resensi Buku Non Fiksi, Review Buku Non Fiksi
Tag:, , , , ,

Dumba-Dumba Gleter - Arham Kendari

Dumba-Dumba Gleter - Arham Kendari

Dumba-dumba Gleter

Jodoh di Tangan Tuhan, Pilihan di Tangan Emak

Arham Kendari

Harga    :               Rp 25.000,- *

Ukuran  :               11 x 18 cm

Tebal     :               200 halaman

Terbit    :               Juli 2010

Penerbit :     Gramedia Pustaka Utama

Soft Cover

“Gak ada istilah kalah dalam mencoba, karena putus asa hanya ada dalam kamus para pecundang” (hal.87)

Mungkin Anda tidak pernah menyangka jika kalimat motivasi tersebut ada dalam buku yang berjudul “Dumba-dumba Gleter” (apa pula nihh??). Dan Anda akan lebih tidak menyangka, jika di sampul buku tersebut terdapat label “Cerita Konyol”. Apaaan siihh…kok gak nyambung banget ya? Dari kalimat motivasi – ke Dumba-dumba Gleter – ke Cerita Konyol..  Jangan kaget jangan heran, karena semua yang gak nyambung-gak nyambung bisa disambungin dengan asyik oleh selebritis kita yang satu ini;..Arham Kendari… (udah pada kenal kan?:))

Dumba-Dumba Gleter kalau menurut literature yang tercetak di sampul belakang bukunya: Dumba-dumba bisa diartikan deg-degan, sedangkan Gleter adalah bahasa slengekan yang berarti ganjen atau genit, jadi bisa diartikan sebagai perasaan deg-degan ganjen, katanya sih..dirasakan oleh pasangan yang mau merid..alias mau jadi manten..huhuu.. siapa sih yang mau jadi manten??? Tak lain dan tak bukan tentunya ya Arham sendiri…hihihi

Baiklah, sebenarnya beberapa tulisan dalam buku ini sudah pernah aku baca di blog-nya Arham, secara diriku adalah penduduk kampung Multiply juga yang gemah-ripah-loh jinawi.. penduduknya tentrem ayem.. dan gayeng..apalagi kalau sudah ada topik buat ngegossip..(upss…bulan puasa nih..). Dan gak pernah menyangka jika pantun battle antara Arham dan Agus Kribo bisa-bisanya dimasukin dalam buku ini..  bukan karena iri karena namaku gak ada dalam buku ini (hiks!) tapi karena kenangan pantun battle itu masih melekat kuat seperti lem tikus di benakku, dan karena aku sempat ikut-ikutan bikin pantun gak penting dalam acara itu.. yang ingin tahu kehebohan pantun battle itu bisa diklik pada link berikut:

http://aguskribo.multiply.com/journal/item/153

http://aguskribo.multiply.com/journal/item/152

Secara garis besar, kumpulan tulisan-tulisan dari blog-nya Arham (yang sekarang sudah tidak eksis lagi di Multiply dan boyongan ke FB) selalu terkandung unsur humor-homor sindiran tentang berbagai peristiwa yang terjadi di tengah kita. Misalkan saja tentang lomba-lomba yang menuntut sms terbanyak  untuk pemenangnya. Hal tersebut tertuang dalam salah satu cerita di buku ini. Dikisahkan kamarnya yang konon dekat laut punya sinyal bagus, akhirnya dipakai oleh ‘utusan’ pendukung salah satu kontestan lomba menyanyi di televisi  yang diutus pejabat di daerah sana untuk mengirim sms berjuta-juta rupiah supaya kontestan itu tidak keluar dari lomba!  Kalau dipikir-pikir buat apa sih pejabat itu mau-maunya ngirim sms berjuta-juta untuk mempertahankan kontestan lomba nyanyi di televisi? Bukankah banyak hal lain yang lebih butuh perhatian?

Jangan dikira mengirim sms-nya pakai handphone dan jempol tangan, bisa sampai bengkak seberapa besar kalau mau dibayangin. Format pengiriman sms tersebut ternyata sudah ada software khusus yang bisa dilakukan lewat laptop. Jadi setelah diutak-atik setting sana-setting sini..wallaa… sms  bernilai jutaan rupiah itupun terkirim tanpa harus menyiksa jempol…

Dan tentu saja, tak perlu diragukan lagi, kekonyolan di sana- sini pun gak luput dari kisah-kisah lain yang dihadirkan. Kalau mau diibaratkan, buku Arham ini lebih mirip kumpulan curhatan.. dan lagi-lagi soal kesendiriannya alias kejombloannya (tapi sekarang sudah gak  lagi).. dan bagusnya selalu ada hikmah dibalik setiap cerita yang dihadirkan.. *ceilee…*

Untuk penggemar cerita-cerita konyol apalagi yang sudah kenal Arham, gak rugi kok punya buku ini..biarpun judulnya rada aneh bin ajaib..hehe.. yang penting ya itu tadi, ada hikmah dibalik musibah..eh..curhatannya Arham..:D

Cheerss..

-Eviwidi-

Blogger & Book Reviewer

—————–

Review buku Arham sebelumnya:

Review Jakarta Under Kompor

Komentar
  1. Deedee mengatakan:

    Hai eviwidi…sayang aku nggak tinggal di Indonesia jadi harus nunggu kiriman buku-buku pesanan dari gramedia pustaka…aku jarang baca buku komedian apalagi yang konyol-konyol…tapi aku tertarik baca resensimu ini, Dumba-dumba Gleter…jadi aku akan coba masukkan bukunya Arham ini dalam daftar pesanan…ntar aku kunjungin blognya…emangnya lucu banget ya tulisan Arham, atau eviwidi yang sangat pandai meresensi…? sesekali boleh juga ya baca yang lucu-lucu…aku punya alasan kenapa selama ini jarang baca buku konyol, karena aku gak suka tertawa banyak-banyak apalagi sampai ngikik berlebihan, karena aku muslimah..dan kalau nggak salah ada hadist yang melarang kita tertawa berlebihan…jadi aku selama ini menghindari apapun yang akan membuat aku tertawa berlebihan….masalahnya bagiku dalam memilih bacaan saja ya…selama ini bacaanku juga banyak yang ringan, tapi yang komedi konyol mungkin baru kali ini aku tertarik mau beli bukunya…gambaran tentang sms jutaan untuk lomba itu yang membuat aku tertarik, aku pengen tahu gambaran masyarakat dari kaca mata Arham….ini berguna buat aku melihat negriku sendiri….trims buat eviwidi…teruslah membaca dan menulis…

  2. aode_has mengatakan:

    ini kah ko punya buku baru sob… pantesan teman saya bilang klo buku arham kendari sudah ada di gramedia,
    selamat yah bro….

  3. Faizal | Akselera mengatakan:

    bukunya emang lucu kok

  4. […] Review Buku Dumba-Dumba Gleter: Ada Hikmah di Balik Konyol « Eviwidi Bangetz. (No Ratings Yet)  Loading […]

  5. Kunjungan persahabatan…
    salam kenal dari kami..

  6. anton paliing gantensgc mengatakan:

    saya antonnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s