Review Buku Keep Your Hand Moving

Posted: Oktober 1, 2010 in Resensi Buku Non Fiksi, Review Buku Non Fiksi
Tag:, , , ,

Keep Your Hand Moving

Keep Your Hand Moving

Keep Your Hand Moving

Panduan Menulis, Mengedit, dan Memolesnya

Oleh: Anwar Holid

ISBN      :      9789792258448

Ukuran   :     13.5 x 17 cm

Tebal     :     160 halaman

Terbit     :     Juli 2010

Penerbit:      Gramedia Pustaka Utama

Bahasa  :       Indonesia

Rp.35.000

Adalah Natalie Goldberg, seorang guru penulisan kreatif metode free writing yang meneriakkan slogan “Keep your hand moving!”.

Tidak bisa dipungkiri, menulis bukanlah perkara mudah, terlebih menulis  tulisan yang bisa berbobot, bermanfaat dan laku dijual. Sehingga untuk sebagian (besar) orang, menulis ibarat harus duduk di kursi listrik yang menyakitkan, banyak bayangan ketakutan yang menyertai bahkan sebelum tulisan itu jadi!

Natalie ternyata punya pemikiran lain, di mana menulis bisa dilakukan secara bebas tanpa terbebani dulu oleh bagaimana tulisan itu nantinya, dan prinsip “gerakkan terus tangan kamu” adalah dorongan untuk kita tetap menulis, menulis, dan menulis.

Inilah yang akhirnya menjadi inspirasi Anwar Holid,seorang penyunting, penulis, dan publisis yang telah menulis buku Barrack Hussein Obama (Mizania, 2007) dan Seeking Truth Finding Islam (Mizania, 2009) serta tulisannya sering dijumpai di milis-milis, mengangkatnya dalam buku mungil, ringan tapi sarat manfaat dengan judul yang sama; Keep Your Hand Moving.

Buku yang dibagi atas beberapa bab ini, dilengkapi dengan tujuan-tujuan dari bab tersebut.  Seperti mengikuti  Yoga, di mana perlu latihan untuk bisa mencapai kelenturan tubuh, buku ini juga mengajak kita untuk berlatih supaya tulisan kita nantinya bisa lentur.  Tentu saja, tiap-tiap bagian dijelaskan tujuannya, misalnya di bab awal, dijelaskan apa yang membuat tulisan bagus atau istimewa. Setelah itu perlunya kita untuk meluangkan waktu dan mencurahkan energi untuk menulis. Lalu persiapan apa saja yang diperlukan untuk menulis dan pada bab akhir, untuk siapa tulisan kita dan ajakan  dan tips untuk terus mengasah kemampuan menulis.

Selain berisi bab-bab yang menjelaskan tentang tulisan, juga dilengkapi contoh-contoh cara mengedit kalimat sehingga bisa menjadi kalimat yang jelas dan mudah dipahami, juga contoh-contoh penggunaan kalimat  dan pilihan kata yang lebih segar dan tidak terdengar usang.

Kunci utama sebuah tulisan tentu adalah kosa kata. Semakin kaya kosa kata yang kita miliki tentu akan lebih membantu mewujudkan tulisan yang baik. Di buku ini juga dijelaskan pentingnya pilihan kata yang baik dan sesuai supaya tulisan bisa terasa lebih luwes untuk dibaca.

Bisa diibaratkan buku ini semacam kumpulan tips menulis namun dikemas dengan cukup apik oleh Anwar Holid. Sayangnya tidak disertakan contoh-contoh tulisan dari Anwar Holid sendiri yang pernah dimuat di media sehingga pembaca bisa memiliki sedikit gambaran tentang tulisannya yang ada di media.

Namun terlepas dari itu semua, buku ini sangat layak untuk Anda yang ingin lebih mendalami dunia menulis. Sebuah buku yang cukup ringan untuk dibawa ke manapun dan mudah dipahami. Jadi, apakah Anda sudah  siap untuk latihan Yoga? Eh, menulis? Let’s Keep your hand moving!😀

Rating: 8/10

-Eviwidi-



Komentar
  1. puisiazzet mengatakan:

    Wah, buku bagus yang harus dibaca neh… Makasih ya berbagi infonya. Salam kreatif dan selamat terus berkarya.

  2. […] Review Buku Keep Your Hand Moving « Eviwidi Bangetz. (No Ratings Yet)  Loading […]

  3. tas wanita mengatakan:

    Thanx for the info… you’ve just enlighten me. Waiting for your next post. Semangat…Thanx for the info… you’ve just enlighten me. Waiting for your next post. Semangat…

  4. Izzul Islam mengatakan:

    trimaksih atas resensinya….

  5. Dzikri Ajauhari mengatakan:

    ada yang tau biografinya ANWAR HOLID G?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s