Putihnya kertas yang Anda Pakai, dan sebanyak apa yang Anda habiskan, tanpa disadari telah menyumbang dalam peran penebangan hutan. Semakin banyak penggunaan kertas, maka semakin banyak pula pohon yang mati.

Isu pemasanan global dan semakin parahnya kerusakan paru-paru dunia di Indonesia, menyebabkan banyak orang akhirnya mulai berfikir untuk mengurangi penggunaan kertas. Meskipun sampai detik ini, manusia masih belum bisa lepas sepenuhnya untuk tidak menggunakan kertas sama sekali.

 

Teknologi yang lahir dari pemikiran untuk penghematan kertas, seperti Kindle, Nook, dan lain-lain adalah hasil wacana yang timbul untuk menghemat penggunaan kertas. Juga  sistem penerbitan secara Pint On Demand yang saat ini sudah mulai menjamur. Dengan adanya media eletronik  dan sistem tersebut, penggunaan kertas nyaris dapat dikurangi. Meskipun kenikmatan membaca buku dalam format cetak belum tergantikan oleh alat elektronik tersebut, selain juga penggunaan listrik yang harus tersedia.

 

Memasuki tahun 2011, di mana dicanangkan sebagai  International Year of Forests, 2011 (Forests 2011), seakan menyentil sedikit kesadaran kita, akan pentingnya perlindungan hutan dan manfaat tentang kelestarian hutan. Meskipun belum ada agenda penting untuk aksi penyelamatan hutan dari pemerintah kita (yang lebih sibuk mengurus Gayus, PSSI, dan Blackberry), namun ada baiknya kita atas kesadaran sendiri untuk melakukan aksi kecil. Misalnya lebih menghemat penggunaan kertas, tidak membuang sampah sembarangan, menanam 1 pohon atau sayur di pot.

 

Bersamaan di awal tahun ini pula, Kompas sebagai media  besar di tanah air, telah meniadakan edisi cetak lembar daerah di Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, Jawa Barat dan sisipan khusus di Sumatera Utara dan Selatan, seperti yang dilansir dalam berita di Kompas beberapa  waktu lalu. Tentu ada makna esensial yang hanya diketahui oleh Kompas  sendiri, yang saat ini banyak konsentrasi dalam pengembangan aplikasi berbasis teknologi. Dan tentu juga ada sisi positif, dan sisi negatif yang barangkali dirasakan oleh sebagian orang dari keputusan ini. Apakah memang terkait dengan International Year of Forests, 2011 (Forests 2011) ataukah bukan, sisi posistif yang bisa dipetik adalah semakin berkurangnya penggunaan kertas untuk produksi koran.

 

Jika sedari jauh hari kita menyadari akan pentingnya kelestarian hutan, dan tanaman, hal mendasar yang bisa dirasakan adalah kita tidak akan mengalami bencana tanah longsor akibat penggundulan hutan. Saat ini, kita seperti tikus yang mati di lumbung padi. Potensi hutan, laut yang begitu melimpah tapi gagal membuat rakyak sejahtera. Bahkan sekarang kita menghadapi harga cabai yang lebih mahal dari harga daging!  Cobalah tanyakan yang barangkali punya saudara di luar negeri, seperti Filipina, Bangladesh, Thailand, apakah harga cabai mereka semahal harga cabai di Negara kita?

Sungguh sangat disayangkan, kita sebagai pemilik tanah nan subur ini, justru kelimpungan dengan harga tanaman yang seharusnya bisa didapat dengan murah. Barangkali yang bisa dilakukan jika memang benar Anda “tidak bisa hidup tanpa cabai” adalah menanam sendiri di pot, memupuknya dan memanennya. Tidak perlu pergi ke pasar jika tidak ingin pingsan dengan harga-harga sayur di pasar.

 

Lagi-lagi kesadaran. Kesadaran untuk menghemat penggunaan kertas akan membantu kelestarian hutan dan lingkungan. Kesadaran dari pelaku industri yang peduli akan kelestarian hutan juga sangat membantu. Dan jika ada mukjizat, kesadaran dari pemerintah kita untuk ikut peduli. Mari kita selagi bisa, melakukan untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar kesadaran akan kelestarian. Bila kita sendiri tidak peduli, lantas siapa lagi yang akan peduli?

 

Eviwidi

13/01/2011

 

Komentar
  1. Techno News mengatakan:

    ini sebuah kontes lagi yahh h bro

  2. postingan yg bagus sob,,marilah tanam pohon,,belajar melestarikan apa yg ada di alam kita

  3. celana jeans mengatakan:

    mari hijaukan alam dan lestarikan.. hemat penggunaan kertas.. artikel yang bagus.. semoga sukses

  4. Souvenir Perkawinan mengatakan:

    terima kasih atas infonya. isinya sungguh bermanfaat buat saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s