#PeduliPakRaden – Peduli Karya Putra Bangsa

Posted: Mei 12, 2011 in event
Tag:, , ,

Drs. Suyadi (Pak Raden) di kediamannya di Petamburan

“Nyil..Unyil..Unyil..Usrok..”

Apakah film boneka si Unyil yang dulu pernah tayang di TVRI pernah menjadi bagian hari-harimu?

Jika kamu lahir di era tahun 70-an atau 80-an, film boneka si Unyil seolah menjadi tontonan wajib setiap hari minggu. Inilah karya besar dari Drs. Suyadi atau yang lebih dikenal sebagai tokoh Pak Raden.

Film boneka si Unyil yang mengambil setting lokasi di pedesaan, memang bertujuan untuk mendidik anak-anak untuk mencintai desa dan filosofi yang lebih luhur lagi adalah mencintai kesederhanaan dan Indonesia, negerinya.

Saat ini Film Boneka Si Unyil telah bertranformasi berjudul Laptop Si Unyil yang masih ditayangkan di salah satu tv swasta, Trans-7 dan sudah memasuki tahun ke-5, untuk menjawab perubahan jaman sepertinya.  Namun perubahan si Unyil, tidak menyurutkan semangat Drs.Suyadi atau Pak Raden untuk tetap berkarya, baik sebagai pendongeng, pelukis maupun pengisi suara di usianya yang sudah 78 tahun.

Meskipun saat ini beliau kemana-mana sudah memakai kursi roda, namun tak menyurutkan tekadnya untuk tetap berkarya di dunia seni yang  membesarkan namanya.

Ditemui di kediamannya di daerah Petamburan, beliau masih ceria ditemani dua kucing kesayangannya si Kacung dan si Pussy. Kecintaannya terhadap kucing memang tak perlu diragukan lagi.

Drs. Suyadi (Pak Raden)

Drs. Suyadi (Pak Raden)

Atas prakarsa dari beberapa rekan, dan managernya Pak Chusnato yang selama ini mengurus kegiatan beliau, telah mulai dibuat gerakan #PeduliPakRaden. Kegiatan ini telah mendapat ijin dari Pak Raden, setelah dilakukan meeting beberapa waktu lalu.

Kegiatan ini bertujuan lebih kepada apresiasi terhadap karya putra bangsa, dan Pak Raden dalam kiprahnya yang memiliki banyak karya seperti karya lukis, sketsa, akan dibuatkan wadah berupa website untuk mengakomodir bagi siapa saja yang berminat memiliki karya-karyanya, dengan harga yang pantas tentunya. Dan tak menutup kemungkinan juga nantinya akan ada produk-produk yang lebih terjangkau seperti T-Shirt, Mug, sticker  yang bergambar sketsa atau lukisan Pak Raden.

Website ini akan diisi dengan biografi singkat Drs.Suyadi / Pak Raden,video tentang beliau,dan akan menjual sketsa Pak Raden dalam bentuk post card,kaos anak2, bahkan sticker (kalau ada yang punya ide lain  silakan loh ) Nantinya royalti dari penjualan berbagai macam produk ini tentunya akan menjadi milik Pak Raden. Website ini juga akan menampilkan update dari twitter dan facebook tentang semua yang berkaitan dengan #PeduliPakraden

Pembuatan website ini telah dimulai oleh rekan Anto Motulz (twitter: @motulz) dari www.salingsilang.com  dan telah mulai dibroadcast info-nya oleh rekan Lucy Wiryono, presenter O Channel (twitter: @lucywiryono).

Mudah-mudahan niatan baik ini, adalah gerakan yang nantinya bisa memberi inspirasi bagi yang lain, untuk bisa lebih menghargai karya-karya anak bangsa Indonesia.  #PeduliPakRaden adalah peduli karya anak bangsa Indonesia.

 Cheers..

Eviwidi

Komentar
  1. Selly mengatakan:

    Mba aku mau info nya kalo ada kaos2 unyil atau pak raden yg dijual atau pernak pernik lainnya untuk peduli pak raden

    Thanks mba😉

  2. kelikdarmianto mengatakan:

    SEMANGAT BERKARYA … KEBETULAN SAYA PENGGEMAR ILUSTRASI BP. SUYADI, BAGAIMANA SAYA BISA MENDAPATKAN BUKU2 BHS INDONESIA SEKOLAH DASAR DENGAN ILUSTRASI BP.SURYADI? BUKU TERSEBUT MILIK DEP P DAN K PUSAT. TERBITAN ANTARA TH. 1970-1980 AN. TERIMAKASIH.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s