101-creative-notes

Judul : 101 Creative Notes

Penulis : Yoris Sebastian

ISBN    :        9789792291148
Rilis     :     2013
Halaman     :     200
Penerbit     :     Gramedia Pustaka Utama (GPU)
Bahasa     :     Indonesia

Menciptakan sesuatu yang kreatif, bisa diaplikasikan dalam berbagai bidang kehidupan. Tidak hanya yang behubungan dengan pekerjaan bidang seni, namun bidang-bidang yang lain juga membutuhkan daya kreativitas supaya bisa membuat produk atau jasa bisa lebih diminati oleh pasar.

Salah satu tokoh kreatif di Indonesia, Yoris Sebastian sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga. Kali ini buku terbarunya yang berjudul 101 Creative Notes akan kita bahas. Di buku ini, Yoris banyak menyampaikan sikap-sikap kreatif yang  bisa dilakukan dimulai dari kebiasaan sehari-hari, juga pemilihan barang-barang yang kita gunakan. Salah satu contohnya adalah tempat tidur. Investasi mahal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah kasur, bukan mobil, karena apa?  Secara tidak sadar hampir sepertiga hidup kita dihabiskan di tempat tidur. Benar, biasanya kita tidur sekitar 8 jam. Dengan kualitas tidur yang baik, nantinya  diharapkan bisa memilki daya kreatif dan pikiran yang lebih jernih saat mengerjakan sesuatu.

Selain Have a Good Sleep, ada 100 tips lain yang menjadi catatan di buku ini. Seperti; ’Why not’ Attitude, Curiosity, Reading Book, Playing with New Words, Meet Strangers Regularly, Believe in Process, Dressed for Comfort & for Success, Be Spontaneous, termasuk Have a Vacation.

Yang paling menarik bagi saya adalah catatan mengenai  Every Person Have Their Own Limit. “How Much is too much?” Seperti yang dilontarkan dalam film Jerry Maguire  yang diperankan oleh Tom Cruise. Sampai mana sih limit kita untuk mengejar, mengerjakan, memikirkan, mengeluarkan dana untuk sesuatu yang kita anggap “pencapaian”? Sebagai manusia biasa yang banyak memiliki keterbatasan, kita kadang sering terlalu serakah untuk sesuatu yang kita sukai atau kita inginkan. Sehingga kadang mengesampingkan hal-hal lain, seperti kesehatan, waktu bersama teman-teman dan keluarga, bahkan untuk diri sendiri.  Tiap-tiap orang, memiliki ambisi maupun keingingan tinggi adalah hak, namun sebaiknya juga memiliki llimit untuk dirinya sendiri, sampai batas mana bisa dilakukan? Jika orang sudah tahu dan memiliki limitnya sendiri, diharapkan nantinya juga akan memiliki balance of life yang baik.

Karena buku ini membahas tentang kreativitas, jadi jangan mengharapkan buku ini sama seperti buku-buku kebanyakan. Di sini kita tidak akan menemukan daftar isi, atau daftar gambar, bahkan nomor halaman pun dibuat hanya nomor ganjil saja. Menurut Yoris, sesuatu yang kreatif juga kerap berhubungan dengan sesuatu yang ganjil, aneh, dan kadang muncul di luar dugaan.

Selain itu, judul buku ini, juga sangat erat berhubungan dengan salah satu produk tablet asal Korea. Jadi kesan seperti “jualan” tablet tersebut kadang juga  sangat melekat saat membaca buku ini. Sah-sah saja sih, dan itu juga bisa menjadi inspirasi produk-produk lain yang ingin melakukan hal yang sama. Jadi, untuk menjadi orang kreatif semua orang bisa menjadi kreatif. Yes, kita punya banyak sekali possibility, semuanya tergantung pada kita. Pada pemikiran kita. Kalau kita berpikiran possible, langkah berikutnya akan terbuka. Belum tentu sukses, namun setidaknya kita mau melangkah. Seperti yang dikatakan oleh Audrey Hepburn; Nothing is impossible, the word itself says I’m possible’!

Cheers!

@eviwidi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s