Pak Raden, Artbook Not Only Unyil (Review Part. #1)

Posted: Januari 31, 2014 in buku baru
Tag:, , ,

artbookPRPenerbit : Rumah Seribu Kucing, 2013

Ukuran  :  A5, 15 cm x 21 cm

Tebal       : 70 Halaman (full color)

Bentuk    : Lanskap (memanjang)

Jenis kertas   :  Kertas matt atau artpaper

Konsep  : Prasodjo Chusnato

Desain dan Produser  : Dicky Aryo Aditomo

Harga edisi regular     : Rp. 300.000,-

Harga edisi khusus      : Rp. 700.000,-

Tentu saja, Pak Raden takkan terpisahkan dari boneka si Unyil. Unyil dan Pak Raden hampir seperti dua sisi mata uang. Tapi, di balik keeratannya dengan Unyil, Pak Raden adalah sosok multi talenta, yang karyanya tidak hanya Unyil. Ibarat beras, Pak Raden atau Drs. Suyadi, adalah beras dengan kualitas super. Beras bisa dimasak untuk beragam masakan, tidak hanya sekedar sebagai nasi putih.

Di ulang tahun beliau yang ke 81 yang jatuh pada tanggal 28 November, Pak Raden meluncurkan kumpulan karyanya bertajuk “Artbook Suyadi; Gambar Dongeng”. Artbook Pak Raden, berisi sketsa hitam putih, lukisan, tak lupa sampul buku pelajaran SD yang sangat legendaris itu.

Peluncuran ini, selain dalam rangka menandai usianya yang sudah beranjak senja, tapi tetap menjaga spirit berkarya. Berkarya tak kenal usia. Juga untuk lebih mengenalkan kepada khalayak bahwa karya Pak Raden tidak hanya Unyil. Unyil tetap sebagai karya beliau yang mungkin paling dikenal. Tetapi, sebagai pelukis, seniman sejati Pak Raden tidak bisa diremehkan begitu saja.

Sederatan karya gambarnya yang terangkum dalam Artbook ini, seolah adalah pembuktian bahwa beliau adalah seniman serba bisa, dan tentu saja karyanya layak diapresiasi oleh pencinta seni.

Menurut penuturan kurator buku tersebut, yaitu Pak Chusnato yang juga adalah manager Pak Raden. Pak Raden tidak ingin terjebak dalam kasus hak cipta Unyil, maka dengan Artbook ini Pak Raden bisa memperkenalkan kembali siapa sejatinya dirinya dalam berkarya. Kita semua tahu buku “Bahasa Indonesia” ini Budi, dan Pak Raden adalah seniman pertama yang mampu menggambarkan Buto Ijo yang “sedap” untuk anak-anak.

Buku itu kan intinya ya artbook. Berbeda sedikit dari buku kumpulan kartun, atau komik atau kumpulan poster. Artbook adalah kumpulan karya seni rupa (artwork) terseleksi oleh kurator. Jadi memang tanpa teks dan entry keterangan.

Sedikit bocoran, ada sederet ilustrasi sampul buku serial cerita fantasi HC Anderesen (versi Indonesia, Penerbit Djambatan 1983) karya Suyadi dalam artbook, jelas terlihat jejak Disney masuk dalam garis-garis gambar Suyadi. Hanya dengan sampul bukunya saya membayangkan rentetan cerita dalam ilustrasi isi bukunya. Semua sampul ilustrasi tersebut dipajang di Museum HC Andersen di Denmark, tak banyak yang tahu Suyadi cukup memberikan pengaruh di dunia ilustrasi buku anak.

Salam hangat,

@eviwidi

———————————–

–          Pemesanan  buku :

Prasodjo Chusnato   : Email  prasodjochusnato@yahoo.co.id

 SMS/WA :0812 122 511 88  PIN BB: 263A2A80

Dicky : dpluse_dps@yahoo.com

SMS/WA : 0818 56 3756

Transfer ke  rekening  atas nama Aryo Aditomo :

Bank BCA 0401460640

Bank Mandiri  : 1250006234090.

Komentar
  1. Arif Maulana mengatakan:

    aku udah punya bukunya….😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s