Resensi Novel New Moon, Bella mencintai 2 Mahluk Mitos, Vampire dan Serigala Jadi-jadian

Masih ingat Novel Twilight? Yep, ini adalah sekuel kedua seri Romantisme kisah cinta antara Vampire dan Manusia, Bella Swan dan Edward Cullen.

Berhubung ini novel cinta-cintaan yang ‘dibungkus’ dengan kisah-kisah yang masih menjadi mitos dimasyarakat jadi tentu saja kisah romannya bertebaran di sana-sini disetiap sudut kisah.Dan tidak ketinggalan ketegangan ketegangan dengan mahluk-mahluk jadi-jadian..(gilee.pengulangan kata-katanya banyak banget ya..:p)

Kisah diawali dengan cerita Bella yang akan ulang tahun, Edward punya rencana untuk membuat perayaan ulang tahun Bella yang ke-18. Berbagai rencana disusun namun Bella menolak mentah-mentah semua rencana perayaan Ultah-nya dan tak mau menerima hadiah sekalipun. Karena dengan ulang tahun yang ke-18 ini menandakan dia berumur “lebih tua” setahun dari Edward yang berumur “17”.

Saat keluarga Cullen membuat rencana dirumahnya, Bella akhirnya tak kuasa menolak, berbagai hadiah di siapkan oleh seluruh “keluarga” Vampire saat berkumpul dirumah pinggir hutan tersebut. Pesta berjalan lancar hingga saat Bella membuka salah satu kado tipis, yang tak sengaja melukai tangannya…dimana semua Vampire saat itu merubungnya..

Hampir semua Vampire menahan napas, tak terkecuali Edward, namun rupanya Jasper yang bermasalah dengan “diet”-nya tak kuasa mencium darah Bella, melihat reaksi Jasper yang membabi buta hingga beberapa pecahan kaca hancur dan melukai tangan Bella, reflek Edward melindungi Bella dari serangan Jasper dan Vampire yang lain memegangi Jasper sekuat tenaga. Sambil menahan napas, Edward membantu Bella berdiri dan ditangai dr.Cullen. Esme yang keibuan dan lembutpun tak bisa menyembunyikan ke-vampirannya dengan menahan napas demi melihat darah segar yang mengucur dari lengan Bella. Hanya dr. Cullen yang sepertinya sudah kebal dengan bau darah.

Setelah insiden tersebut, Edward lebih banyak diam dan berpikir. Kedekatannya dengan Bella sepertinya menjerumuskan Bella kedalam jurang yang makin kelam dan itu sangat tidak baik bagi kelangsungan hidup Bella selanjutnya. Dengan alasan “demi keselamatan” Bella, Edward dan keluarga dr. Cullen akhirnya memutuskan untuk pindah ke LA. Edward meninggalkan Bella..dan dimulailah mimpi buruk Bella di setiap tidur malamnya.

Hingga berbulan-bulan…

Di bulan ke-5, Bella mulai bisa berpikir sedikit jernih, dia menemui sahabat kecilnya Jacob Black, untuk mengusir semua mimpi buruk dan membuka lembaran baru hidupnya yang kelam setelah kepergian Edward. Bella mulai bisa tersenyum lagi dan hari-harinya kembali sedikit bersemangat.

Saat hiking sendiri ke hutan mengunjungi telaga sabit tempat dulu sering bertemu Edward, Bella tak sengaja bertemu dengan Laurent, Vampire teman James yang dulu sempat membuatnya berdarah-darah karena “permainan”dengan keluarga dr.Cullen. Saat Laurent akan menghabisi Bella, serombongan Serigala raksasa datang menyelamatkan Bella, melihat lawan yang tak sebanding, Laurent akhirnya kabur. Bella masih syok dengan apa yang dialamainya. Aneh, serigala raksasa itu tidak tertarik dengannya!

Makin kalut pikiran Bella karena Jacob Black yang biasanya periang berubah menjadi bengis dan tidak bersahabat. Keadaan yang membuat-nya makin terpuruk, tak ada lagi teman..ada apa dengan Jacob?

Bella makin kalut karena omongan Laurent yang menyebut bahwa Victoria, vampire pasangan James masih memburunya…

Kisah kemudian menggelinding sampai akhirnya Bella bertemu lagi dengan Edward di sebuah kota di Italia, sebuah kota kecil, tua yang dikelilingi gedung-gedung tua bernama Volterra…yang dikuasai oleh “keluarga” vampire tertua bernama Volturi, yang berkuasa sejak zaman Etruria, lebih dari 3000 tahun yang lalu..

Apa sebenarnya yang menyebabkan Edward bisa berada di kota sarang Vampire tersebut? Dan kenapa Bella bisa sampai di Italia? Tentu saja di New Moon ini jawabanya.

Kelebihan Novel ini:

Kisah keteganganya mengena dan terjaga, meskipun kurang detil dan tidak ada klimaks dalam menggambarkan pertarungan antara Vampire dan Srigala raksasa-nya, juga saat Bella berada di sarang Vampire di Italia. Mungkin karena yang nulis perempuan yang dia berusaha tidak mengumbar kekerasan dan kengerian disana-sini, ingat ini novel roman, bukan murni Vampire seperti kisah Dracula Van Helsing-nya Bram Stoker.

Kekurangan Novel ini:

Ada sedikit kekonyolan, yaitu saat Bella dan Alice naik pesawat ke Italia.

Alice sudah mengangkat telepon dari punggung kursi didepannya sebelum pesawat berhenti menanjak, sengaja memunggungi pramugari yang menatapnya tidak setuju. Namun sesuatu di ekspresiku membuat pramugari itu mengurungkan niatnya untuk menegur kami. Aku berusaha menulikan telinga dari bisik-bisik Alice dengan Jasper; aku tak ingin mendengar kata-katanya lagi…”(hal. 451)

Hah, didalam pesawat yang lagi take off, Alice bisa menelepon Jasper? Yang benar saja?!

Meskipun banyak kekonyolan disana-sini namun hal tersebut tidak mengurangi kenikmatan mengikuti kisah Vampire “vagetarian” ini. Dari situs resmi-nya Stephenie Meyer, kabarnya akan ada sekuel tambahan setelah Eclipse dan Breaking Dawn yang berjudul Midnight Sun.

Walah..apakah Tante Stepheni ini mau ngikutin jejak “spektakulernya” sinetron legendaris kita Tersanjung? Mudah-mudahan sih kisahnya tidak maksa. Karena biasanya sebuah sekuel yang dipanjangkan akan ada semacam sindrom memaksakan kisah yang seperti dibuat-buat hingga tidak bisa dinikmati lagi.

Cheerz

-Eviwidi-

————————————————-

Ralat: Menurut beberapa narasumber yang pernah tinggal di USA, menelepon dari pesawat memang sudah ada dan menjadi salah satu fasilitas dalam penerbangan mereka, pesawat telepon tersebut biasanya menempel pada punggung kursi penumpang dan penggunaanya dengan cara menggesekkan kartu kredit. Berhubung keterbatasan pengetahuan dari penulis, jadi sedikit kurang paham dengan teknologi yang sudah ada di negara maju ini.

————————————————-

About these ads

126 thoughts on “Resensi Novel New Moon, Bella mencintai 2 Mahluk Mitos, Vampire dan Serigala Jadi-jadian

  1. cuma mw bilang……
    punya ebooknya (twilight series) ga??? khususnya yg versi indo klo yg ing udah punya…tapi lebih ngena kyknya klo pake bahasa ibu….
    btw, resensinya bagus…..

  2. hi evi, aku lg baca new moon..setelah kemarin menamatkan twilight, teman-temanku banyak yg benci dgn karakter bella , bagaimana dgn mu ?

    salam kenal,

    -echy-

  3. eviwidi berkata:

    Hi Chy,

    Salam kenal juga..

    Ehm..karakter Bella secara dia masih muda ya, 17-18 tahun menurutku masih wajar kalo labil. Emang sih cenderung sentimentil dan lemah, namun memang seperti itulah yang kayaknya pengen di tampilkan oleh tante Stephenie.

    Jadi udah kayak semacam pakem di novel romance, ada tokoh yang lemah (Bella) trus ada tokoh yang kuat dan melindunginya (Edward), trus ada musuh yang harus dikalahkan oleh si Kuat untuk melindungi si lemah.

    Soal benci ato engga, aku sih gak terlalu banget ya sampe segitunya membenci, cuma emang ada beberapa hal yang aku kurang sukai, yaa…no romance story perfect lah…

    btw, thanks ya..dah mampir..

    -Evi-

  4. hi Lam knal…
    ini mia, sesama pecinta edward anthony masen cullen…
    saiiah nemuin blog kmu waktu search di google tentang edward (aw!)

    new moon itu twilight series yg paling stress pas dibaca iaah??
    tapi baca itu gak setegang baca breaking dawn lho, (saiiah dah baca semua twilight series lewat e-booknyah, hhi)…
    endingnyah so sweet…
    maw taw??
    nanti gag surprise lagi dums…
    hhi…

    menurut saiiah karakter bella gag senyebelin pemilihan karakter edward cullen di film twilight-nyah (di putar tgl 12 desember 2008, di amerika, di indonesia mah pasti telat)!!!

    mungkin ini mah masalah selera, tapi saiiah mau nanya nih, udah pernah nonton harry potter and the goblet of fire?
    nah, yang maen jadi edward cullen itu yang jadi cedric diggory di situ! setuju gak kalo dia jadi edward anthony masen cullen yang LUAR biasa ganteng itu?? saiiah sii kurang…

  5. eviwidi berkata:

    Halo..

    Salam kenal juga, Panggil apa nih enaknya?

    Soal Film-nya aku juga dah baca di Official Site-nya Tante Stepheni, kalo ku liat Thriller-nya sih lumayan ya, waktu adegan Edward nyelametin si Bella waktu mo ditabrak mobil yang memperlihatkan bekas tangannya Edwad di mobil itu..*ihh..keren..keren..*

    Secara karakter menurutku lumayan kok, ya..gak bisalah..yang bisa menuangkan imajinasi dengan begitu sempurna. Itulah kekuatan buku…bisa membuat orang berimajinasi dengan kata-kata..

    ya gak sii…

    Thanks ya..dah mampir..

    Cheerz

    -Evi-

  6. hey :)

    gw baru selesai bc twilight 1, masih nyari ebook new moon , gw harap critanya menarik seperti yg awal.ringan dan menyentuh ..yah klo emang gasuka crita bout vampire or something like that jgn baca buku ini hha takut bikin bosen pembaca…tapi makna akan mencintai seseorang gmnapun rupa/sikap org itu yg bisa kita ambil dr novel ini ..

    salam kenal smua …

  7. eviwidi berkata:

    To:
    Sisca———->Salam kenal, kalo Ebook New Moon aku ada yang English, kamu bisa download langsung di Mr.Scribd.

    Beby———-> Salam kenal…

    Thanks semuanya ya dah mampirr…

    Cheerz

    -Evi-

  8. Raw berkata:

    Hoo , salam kenal .

    Nemu blog ini pas search di google tentang edward ( Hi mHia_LaBuFF , kita sama lho )

    Heran d , di skul kok jarang yak yang baca Twilight , padahal ceritanya lebih bagus dari pada HARPOT .

    Di Twilight Paling suka pas bagian , edward mengacuhkan pelayan dan hanya memperhatikan Bella . Aduh , bisa salting tuh . Lagian c Edward juga Gentle beud . Kalo bukan vampire , mungkin dia manusia paling perfect X .

    Gue juga kurang setuju kalo yang memerankan karakter c Edward tuh Robert , gag pas aja . Hehe . Abis dibayangan gue tuh dia amat sangat Tampan .

    Gue udah punya New Moon tapi belum bisa baca , tugas terlalu banyak , bikin gag konsen baca .

    Pengen tauk , akhirnya gimana ya ? Semoga Happy Ending .

  9. nad_nad berkata:

    hi..

    ak suka bgt ma edward..

    tp bella plin plan bgt yaa..

    klo dy suka edward np jg dy mesti sm jacob..

    hayah~

    swt ne bella..

    jd jacob itu ky manusia srigal gtu yaa???

    pdhl kn jacob jelek..

    koq bela suka yaa..wakakk~

    LOL~

  10. Ly berkata:

    aku bener bener tegang banget baca new moon, hmm aku ga ngerti yng kalian maksut , “E-Book” ? itu apaa? apa ada yang bahasa Indonesia?

    Thanx Before,

  11. shiina berkata:

    “Hah, didalam pesawat yang lagi take off, Alice bisa menelepon Jasper? Yang benar saja?!”

    kayaknya yg soal itu, udah disebutin di novel deh.. emang harusnya gak boleh, tapi Alice bersikap seolah-olah itu penting banget jadi dibiarin ama pramugarinya..

    tapi yg laen, udah top kok..

    ebook new moon yg bahasa indonesia masih belum ada kayaknya.. twilight indo aja masih susah banget dicari..

  12. eviwidi berkata:

    Dear Neta dan Shiina,

    Menggunakan telepon di dalam pesawat yang sudah take off memang di perbolehkan di negara maju seperti USA.

    Tetapi bukan handphone, melainkan telepon khusus yang sudah nempel di belakang kursi penumpang.

    Penumpang bisa menggunakan telepon tersebut dengan memebayar memakai kartu kredit.

    makasih ya udah mampirr..

    Cheerz..

    -Evi-

  13. niya berkata:

    beuh…

    aku ktemu pas lagi googling ebook new moon…

    emang siy dalam novel c edward digambarin amat sangat cakep banget *brapa tuh superlative nya?* so charming, so adoreable, keren abis, cakep mampus…

    emang ada yang bisa menggambarkan makhluk Tuhan se sempurna itu?
    sapa aja c yang jadi kandidat pemeran Mas Cullen tercintaaa?

    tpi aku suka ma mas cullen yang di film… cakeeeeeeeeep… nggak ngebayangin kalo ed cullen diperanin ma orang lain.. *fiuuw*

    tmen tmenku pada quote “bite me ed cullen, rela abis…”

    ahaghaghag

    we all love ed… *suara cewek cewek gizi 06*

    thanks ia bwt alamat e-booknya…

  14. Inda berkata:

    Waahh seneng aku baca resensi nya New Moon jd mau beli New Moon cepet2 nihh. Awalnya orang memang salah kira yahhh kirain novel Twilight cerita horor atau triler ternyata menurut gw murni roman. Tp gw seneng bgt ma Edward yang kayaknya gimana gt cintanya ma Bella hehe. Thanks yahhh buat resensinya.

    Aku belum nonton sihhh filmnya abis ketinggalan di Solo ngga sempet nonton.

    Salam
    Inda

  15. C!keRs berkata:

    salam kenal smua2nya….

    sy sdh baca twilight n new moon. dan menurut sy, twilight masih lebih ok punya….
    n katanya lebih seru lg y seri ke-3nya????
    jd penasaran dech….

  16. alo…
    wah resensinya enak

    btw udah pada liat Twilight versi movienya lom..
    mending gk usah dah cz ‘efeknya” gk bagus…tpi bagi gw lumayanlah tuk gk capek2 namatin novelnya.

    ^_^

  17. Gatia Paramadina berkata:

    hy evvi ..

    lamphh knall ..
    ressensix bggus sangadhh .. hihihi
    ma0 nanya nichh ..
    new moon tuchh bkallan d bwadhh film gag kya twilight??

    • Halo Gatia..

      Salam kenal juga…, terima kasih udah baca en mampir di blog aku..

      Film New Moon masih diproses pembuatan Film-nya dan masih casting-casting pemainnya, yang terakhir gabung adalah artis Dakota Fanning yang kemaren main di Film Push yang satu rumah produksi dengan Twilight, SUMMIT ENTERTAINMET. Dia jadi Jane di New Moon.

      Film New Moon direncanakan akan tayang tanggal 20 November 2009.

      Di tunggu saja..:)

  18. kaloo mnrud ako nii ,,

    novel NEW MOON iianq paling nyebelin !!

    coz ,, banyaq nyeritain si ‘Jacob Black’ drpda si Edward-nya !!

    si Bella juga jadi nyebelin bangedd ,, ngedd ,ngeddd !!

    tapi resensi nya okeh koq !

    • Kalo aku bandingkan, New Moon ini yang paling nyebelin…ya biasa karena Edward-nya cuma muncul di awal dan akhir..hehhehe…

      Thanks yaa…dan baca resensinya….:)

  19. Onna berkata:

    Aq udh baca twilight n udh nonton film’a jg..mnrut aq siy… Harpot lbh ok, krn imajinasi JKR emg detail bgt, menjwb semua kebingungan aq ttg dunia sihir… Dr buku 1 ampe 7 gak ada yg ninggalin kerancuan & pertanyaan, tapi kl twilight kaya’a emg ditulis utk jd novel cinta dgn bumbu vampire dll… Jadi kl segi kualitas & imajinasi, harpot masih menang, cuma kl novel cinta, twillight masih ok buat dibaca, asal jangan dipaksain aja cerita’a… Emang jarang bgt penulis yang nulis buku series dgn peningkatan kualitas cerita ditiap sequel’a… Dr banyak buku yg aq bca cuma 2 penulis yg bisa begitu, JKR dgn harpot’a dan Andrea Hirata dgn Laskar Pelangi’a… Mereka masih jd penulis kesukaan aku….

    • Yup…JKRowling emang genius…dia detil banget bikin setiap scene di Harpot….

      Andrea Hirata?..hmmm…..aku cuma baca Laskar Pelangi…yang lain belum baca, plastiknya belum tak buka..hehhehe….

      • Kupas tuntas abis dong A ampe Z ttg New Moon.abis aq blm bc novelnya…..Emang harga novelnya brapa sih???????? siapa aja cepetan bls dong…………Aq penasaran nih

  20. naida doank berkata:

    gila……….. tuh novel versi gw bgt baca novel itu kykx gw mau…bgt jd bella dah edwardx cool bgt aw…………… gw gak bs nahan teriak saat gw baca adegan2 yg bikin gw akh !!!! gak bs di ceritaiin dehrugi klo gak baca tuh novel

  21. hesperos berkata:

    caranya dapet e book nya twiligt gimana ya?mau tanya juga yang di film itu apakah sudah mencakup/menceritakan semua serinya?makasih.tolong aku diemail yach….

  22. tha berkata:

    wah bener keren cerita tentang seorang anak vamvire eanx jth cinta ke anak manusia dan eanx lebih keren lagy edward menjaga bella dengan sungguh2

    kapan film,a mw d rilis ne g sbr dech…..

    truz edisi eanx ne gmana cara ngdaptn,a

  23. Uch,, so sweet,, gag bosen baca novel x,, apa ge nonton twilight x maren,, dvd yg asli uda ada luem y???? n flm new moon x kabar x sich dirilis 20 november n tayang tahun depan,, tapi kan di luar gag tau msug indonesia x kpn,, tp kya x sich maren wktu baca katax pemeran bella di ganti ama,,, syapa gtu,, lupa,, tapi gila keren ngetz,,, tkz uga ne blog x dach ngasih resensi x,, rame rame,,,

  24. siska berkata:

    huh,,,
    keren banget ceritanya!!!!jujur sebenernya aku telat banget ngikutin cerita twilight sampe aku ga bisa nonton di bioskop,,tapi da temenku yang nawarin dvdnya pertama ku tolak karena aku bukan penggemar film2 barat,,,sampe aku dipaksa dan akhirnya nonton…
    sumpah aku nyesel dah nolak nonton di bioskop!!!!! karang aku lagi lagi tergila-gila sama twilight!!!resensi yang ok!!!!

    • bunda berkata:

      halo..lam kenal…
      iya neeh….saya juga sama baru ngeh ada film ini..padahal sering baca gosipnya di e!news,soalnya robert pattinson ama edward cullen beda bgt,secara edward tu kan keren…..sedangkan robpatz????jadi sepertinya orang2 sukanya ama edward cullen bukan si robert nya….saya juga dah baca ke 4 serinya….seru! tapi emang si masih seruan harpot…

  25. Anthy Iero berkata:

    Hai…

    Q Anthy… Mo nanya nech… E-Book Tetralogi Twilight yang udah ada versi Bahasa Indonesia, yang mana ajah ya?? N bisa d’Download d’Mana??? Puyeg nech.. Pake English…

    Oya.. Lam Kenal….

  26. untuk twilight aku suka, tapi aku nyesel waktu baca new moon. tuh novel terlalu roman abis n cengeng. padahal tuh nyeritain tentang mitos vampir….
    kyk adegan dimana bella ingin menjadi vampir dan edward menolak sok gentleman..
    ITU MERUSAK IMAGE VAMPIRE YANG KUBANGUN….
    aku baru baca 3 bab dan langsung kututup tuh buku..

    • Emang sih….tp g nasalah. Q sih,,,,nyeselnya,g d ceritain adegan pertarungannya d twilight & tatanya d New moon jg. Ih…sebel! gara2 masih minta uang ja2n k ortu & masih 15 th.Q g boleh beli novel sm ortu. padahal aq pgn New Moon BGT!!!! ajarin cara download New Moon d e book donk???????

      Lupa! SALAM KENAL……………..tp g kenal.

  27. Yulia berkata:

    Pren, ada yang nyadar gak? Terutama untuk pembaca New Moon, latar belakang bukunya diadopsi dari Romeo & Juliet . Sering disebut juga di bukunya kok ..
    Di New Moon, Bella merasa dirinya jadi “Juliet” yang punya cinta terlarang dan rumit ke Edward “Romeo”nya yang bersedia mati kapanpun demi Bella. Lalu Jacob “Paris” jadi si sahabat yang selalu ada di dekat Bella sekaligus berharap Bella jadi miliknya.. Scene dimana Romeo rela minum racun begitu melihat Julietnya mati persis sama dengan scene Edward yang rela menyerahkan diri ke Volturra begitu tau Bella-nya bunuh diri terjun dari tebing..
    Mirip gak?

  28. Ekha Maulidia N. berkata:

    Aq ga sabar nunggu FILMnya,nech!!!!

    Trus,kapan nich,PROMO Filmnya,di INDONESIA??????? : (
    terkhusus,Makassar!!! (abisnya,klo ada film keren jarang ada di mks)

  29. Anita berkata:

    salam kenal! kok pada banyak bilang sebel sama bella, klo menurutku dia gak salah…

    dia merasa udah ditinggalin Edward dan ampe terpuruk gitu, klo sedih nyari orang yang bisa menghibur kita kan gak masalah, tapi ternyata jacob orang yang bener-bener nyenengin dan bella sedikit naruh hati di jacob..

    disini jacob gak gitu nyebelin, di eclipse sama breakingdawn tuh yang… GRRRRRRRRRRRR

    oh ya klo nyari ebooknya twilight series yang indo dimana ya??

  30. Mellisa berkata:

    Duh buku ma filmnya bagus banget……….

    Aku suka banget ma Edward…..
    Cz dy ganteng bangedzzz….

    nanti kalo ada kabar baru tentang Twilight tolong kabari aq lewat emailq yahhhhh………..
    Please 1000x……………………………………………………………………………

  31. aiu berkata:

    hai smua. wah, banyak yg suka tetralogi twilight. ahahaha. aku udah dapet e book versi indonesia. cari aja di 4shared.com terus keywordsny “twilight indonesia”. selamat membaca

  32. iiana_kawaii berkata:

    duh . . . seneng dee klo bisa jadi bella. bisa dapetin cinta sejatinya edward cullen! cowok super cakep!! klo seandainya da cara buat jadi vampire, aku bakalan rela nyerahin apapun buat jadi vampire! apapun juga! trus kalo ada cowok yang aku suka, bakal aku ubah dia jadi vampire juga! biar bisa nemenin hidupku! forever . . .
    btw, dayang mau nggak??

  33. astria julviansani berkata:

    duh beneran, ni lagi baca yang breaking dawn,,
    beneran serasa kita jadi bella nya, kan secara pake orang pertama dalam menceritakan kisahnya “aku” jadi kesannya kita yang berada dalam plot+alur ceritanya.
    tapi kalo yang bacanya cwo ga tau deh, jangan merasa jadi cwe ya?hhheee,,,
    eh ast mah pingin banget ada cerita lanjutannya lagi, kisah cinta nassie+jake gitu, sedikit kan trus cuma pas nassie lagi kecil. udah dewasa kek gitu..
    trus kisah bella+edward jadi nenek+kakek gitu. nessie kan setengah immortal, tidak menutup kemungkinan punya anak kan?
    tapi kebayang ya jadi apa?
    setengah werewolf setengah vampir..
    hanya imajinasi ast aja,,

  34. huft. . . . huft. . . .

    hy kALiAnddd mUaCh. . .
    niEe we ChA”, LaM KnL ze yE…..

    btw film NEW MOON mau ada di bioskop indo. . . ????
    kpn ya kira2 di 21 ???????

    kata’a ch thn ini udd keluar gitoeeee.. . . .
    jd ga cbar nichhhh….

    n bWd KaLiand muAch iank sk amm twilight ,
    ga LngkpZ KaLo Cm bAcA dR nVeL’e aJe…..

    dOn’T oGeT 4 cOmE tO 21 . . . . . .

    Cieeee U ……

  35. NIMAZ SRIKANDY berkata:

    UICHHHH………..!!!!!! Uassik beud ne buku
    BRAVOoooo!!! Untuk loe-loe yg beyum baca or liat filmnya kudu mesti sunnah muakad liat filmnya………but untuk y cucah menerjemahkan aja novel originalny luuUUuu……….! emanj cinta ntu g pandang alam juja…………..funtastik……!!!

  36. Putra Cullen berkata:

    Hi, slam knal…
    Bsa ngK kmu kRm Ringkasan ceritanya twilight(seri apa aja,smua jga boleh) please…. ke email aq yah,,
    Me_

  37. Dessy berkata:

    aduh gw lum baca nchhhhh………
    jadi penasarabn bgt………………
    moga aja msh ada tuch bku di toko buku pastinya…………………

  38. hai salam kenal gue anisa gue suka film new moon kasih tahu dong cara mau ambil film twilight2 yang berjudul new moon dong pleas soal nya ngak sabar nonton film nya yah pleas gue pernah mimpi ada edward n bella gue lihat di mimpi tu edward ganteng sekaliiii dan bella makin cantik gue mimpi tu gue ketemu dengan edward n bella terus mereka bawa 1 anak perempuan mirip amat ama bella gue heran gue curiga ini anak bella soal nya mirip bella mimpi gue sampai itu aja eh jangan lupa yah kasih tahu caranya ambil dari internet film new moon yah!!!!!

  39. amanda cindy marantika berkata:

    waaa,,,, twiLight, new moon bagus banget……… gw seneng banget..,, ceritanya bagus… seandainya da film nya………,,,,,,,,, gw gx akan melewatkannya sedikitpun……….

    • cherry berkata:

      lhoo.. kan emang udah ada film twilight sama new moon. hahaa, belum nonton yaa? sama dong kalo gitu. hahhahaa belum sempat bo’. :))

  40. kazuma berkata:

    lam kenal…
    ada ebook eclipse n new moon versi bahasa indonesia nda mba’? tapi bukan yg terjemahan mbah google. jujur aq ga mudeng.. hehe
    makasih ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s